Senin 08 Aug 2022 12:18 WIB

BUMN di Sektor-Sektor Ini Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi di Kuartal II

BUMN sektor logistik memiliki peran besar dorong pertumbuhan konsumsi dan produksi

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. BUMN juga berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lewat peran penting BUMN di beberapa sektor ekonomi. Sebagai contoh transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen YoY pada kuartal II 2022, peningkatan ini juga merupakan kontribusi dan sukses dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. BUMN juga berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lewat peran penting BUMN di beberapa sektor ekonomi. Sebagai contoh transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen YoY pada kuartal II 2022, peningkatan ini juga merupakan kontribusi dan sukses dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN punya peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, yang mana sepertiga dari perekonomian Indonesia merupakan kontribusi dari BUMN. Erick menilai ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global tidak terlepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

"Kementerian BUMN memprediksi total aset BUMN telah mencapai sekitar Rp 9 ribu triliun di 2021 atau sekitar 53 persen dari PDB. BUMN yang sehat membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berbasis adil dan makmur. Masyarakat yang makmur mampu meningkatkan perekonomian Indonesia," ujar Erick di Jakarta, Senin (8/8).

BUMN juga berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lewat peran penting BUMN di beberapa sektor ekonomi. Sebagai contoh transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen YoY pada kuartal II 2022, peningkatan ini juga merupakan kontribusi dan sukses dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi. 

Pria kelahiran Jakarta itu menilai mobilitas masyarakat sepanjang kuartal II 2022 meningkat pesat utamanya didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan serta momen hari raya Idul Fitri dimana jumlah penumpang di seluruh moda transportasi mengalami peningkatan. Tercatat sepanjang Januari-Juni 2022 pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang atau naik hampir 100 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 9,1 juta orang.

Erick mengatakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan adalah suksesnya Kementerian BUMN dalam melaksanakan program Mudik Bersama.  

BUMN dipastikan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk menjaga kelancaran perjalanan," ucap Erick.

Erick mencontohkan upaya ekstra yang dilakukan BUMN Klaster Logistik seperti PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam memaksimalkan operasional 59 terminal penumpang dan meningkatkan akurasi informasi jadwal kapal untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang. Pun dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyiagakan 459 lokomotif untuk memastikan tidak ada kekurangan gerbong.

Lebih jauh, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga memastikan adanya alat berat dan persiapan lainnya di setiap ruas jalan tol untuk dapat segera melakukan perbaikan jalan tol. Kemudian, lanjut Erick, ada PT Angkasa Pura II yang mengaktifkan kembali Sub Terminal 1A untuk mendukung peningkatan operasional dan pelayanan di bandara, khusus untuk mengantisipasi pelonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Pertamina juga memastikan pemenuhan BBM selama arus mudik dan arus balik dengan menyediakan layanan tambahan layanan SPBU Siaga di sepanjang ruas tol," Erick menambahkan.

Sementara itu, sambung Erick, Pertamedika IHC menyediakan pengecekan kesehatan termasuk ambulance stand by di lokasi tertentu. Dengan layanan BUMN yang disediakan tersebut, mampu meningkatkan confidence level masyarakat untuk melakukan mudik yang dapat menggerakkan perekonomian.

Sejalan dengan hal tersebut, Erick sampaikan, kinerja Klaster Logistik BUMN menunjukan adanya perbaikan pada TW II 2022 yang mana laba bersih yang meningkat hampir dua kali lipat secara yoy. Kementerian BUMN memprediksi Klaster Logistik akan tetap menunjukan kinerja positif dengan akan meningkatnya mobilitas masyarakat di era pasca-covid. 

Erick memaparkan pertumbuhan Industri Logam Dasar nasional didorong oleh peningkatan kebutuhan luar negeri. Erick menyebut Industri Logam Dasar Nasional mengalami kenaikan dari 7,9 persen pada kuartal I 2022 dan naik menjadi 15,79 persen pada kuartal II 2022. 

Sejalan dengan hal ini, PT Krakatau Steel mengalami peningkatan volume penjualan dibandingkan 2021 yang mana pada kuartal I 2022 KS mencatatkan volume penjualan sebesar 539.111 ton dan pada kuartal II 2022 volume penjualannya terus meningkat menjadi sebesar 1.165.511 ton.

"BUMN punya andil dalam menjaga daya beli masyarakat dengan memberikan lapangan kerja serta berperan dalam memastikan pelayanan masyarakat tetap terjaga dalam masa krisis," ungkap Erick.

Oleh karena itu, ucap Erick, BUMN sebagai penopang perekonomian Indonesia berkomitmen melanjutkan berbagai program untuk mendukung pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. Erick berharap momentum pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2022 sebesar 5,44 persen dapat terus terjaga hingga akhir tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement