Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Tingkatkan Literasi, Siswa SMA Quran Asy-Syahid Kunjungi Perpusnas dan IBF

Sabtu 06 Aug 2022 08:28 WIB

Red: Irwan Kelana

Siswa SMA Quran Asy-Syahid mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan even Islamic Book Fair (IBF) di JCC Jakarta, Kamis (4/8/2022.

Siswa SMA Quran Asy-Syahid mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan even Islamic Book Fair (IBF) di JCC Jakarta, Kamis (4/8/2022.

Foto: Dok SMA Quan Asy-Syahid
Semangat literasi masyarakat Indonesia sudah mulai bergerak membaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan wawasan kepustakaan, menumbuhkembangkan semangat literasi siswa dan menyukseskan program pemerintah,  SMA Quran Asy-Syahid mefasilitasi siswa untu berkunjung ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas)  Republik Indonesia dan aven Islamic Book Fair ke-20 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Destinasi pertama yang di kunjungi SMA Quran Asy-Syahid adalah Perpusnas  yang terletak dekat Monas, di Jalan Merdeka Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat.  Di Perpusnas,  rombongan sekolah langsung diarahkan menuju Graha Literasi yang ada di ruangan depan setelah pintu masuk. Terdapat banyak jejak-jejak ilmu bahasa disana. Naskah kuno, jajaran foto sastrawan terpampang rapi dalam graha literasi tersebut. Terdapat pula Pohon Literasi. 

Dengan pelayanan yang sangat baik, rombongan disambut oleh Kak Tyo selaku MC dalam acara pemutaran video pengenalan Perpusnas  di Auditorium. Pihak Perpusnas  juga menjelaskan beberapa fasilitas yang ada di sana.  Salah satu hal yang menarik perhatian,  di lantai sembilan pengunjung bisa mendapat buku gratis. 

 “Perpusnas RI merupakan salah satu sumber ilmu yang penting yang terus berinovasi, melayani dan menjadi inspirasi keilmuan untuk para pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Perpusnas RI mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadahi, serta dapat diakses gratis dan bebas oleh semua pengunjung,” kata Kepala SMA Quran Asy Syahid, Mansur SAg MPd saat memberikan kata sambutan seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (5/8/2022).

Respons dan kesan baik yang didapat oleh siswa-siswi SMA Quran Asy-Syahid. “Fasilitas lengkap, ada ruang untuk disabilitas dan dilengkapi dengan teknologi cangih untuk memindahkan buku dari lantai yang satu ke yang lainnya. Ada pula ruang baca yang sangat nyaman disertai dengan sofa sehingga membuat pengunjung betah membaca buku disana,” ujar Aishadinda,  salah satu siswi SMA Quran Asy-Syahid.

Putri Aditya, guru Bahasa Indonesia yang juga merupakan PJ literasi sekolah sangat terkagum sejak awal masuk ke gedung Perpusnas RI. “Pengunjung disuguhkan dengan tampilan rak buku yang sangat tinggi dan rapi super ikonik sekali. “Pelayanan dan keramahan yang diberikan oleh perpustakaan nasional kepada pengunjungpun patut diacungi jempol,” ujarnya.

Dari PerpusNas RI, rombongan SMA Quran Asy-Syahid bertolak ke Senayan, tepatnya di Jakarta Convention Hall (JCC) untuk berkunjung ke Pameran Buku Islam  terbesar se-ASEAN, Islamic Book Fair (IBF)  ke-20. Suasana hiruk pikuk dipadati para pengunjung yang didominasi para pelajar dari berbagai wilayah. 

Terdapat banyak stan  buku yang beragam. Para siswa juga semakin tertarik dan antusias mengunjungi stan-stan  yang tertata rapid an kreatif juga unik. Banyak jenis juku yang dijajakan bahkan dengan pancingan diskon besar hingga 80 persen.

 “Banyak stan  buku yang ada di sana.  Buku yang dijual pun beraneka ragam. Ada buku-buku Islami,  novel, buku pelajaran, kitab-kitab klasik, dan Alquran. Pada acara tersebut dihadirkan pula beberapa penulis buku, salah satunya Asma Nadia,” ujar Inas,  salah satu siswi SMA Quran Asy-Syahid.

Suasana IBF yang ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah, baik masyarakat umum maupun rombongan sekolah menggambarkan betapa semangat literasi masyarakat Indonesia sudah mulai bergerak ke arah yg lebih baik. “IBF juga sangat memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan kecintaan terhadap buku,” kata Mansur.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA