Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsa Oi Nabaa Refadua

Kuliner Lezat Khas Wonosobo, Mie Ongklok Pak Muhadi

Kuliner | Friday, 05 Aug 2022, 23:40 WIB
dokumentasi pribadi mie ongklok pak muhadi

Ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Nah, begitu pula jika berkunjung ke Wonosobo yang dikenal dengan suhunya yang dingin ini, pasti kita akan mencari segala kuliner yang hangat-hangat. Mie ongklok merupakan pilihan yang tepat jika ingin mencari makanan enak sekaligus bisa menghangatkan badan.

Proses pembuatan mie ongklok cukup unik dan berbeda dengan proses pembuatan bakmi atau sejenis mie lainnya. Mie kuning, irisan kol,dan dun kucai dimasukkan ke keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu kemudian di celupkan kedalam panci yang berisi air mendiidh sembari di ongklok hingga mie dan sayuran matang. Setelah itu, taruh mie dan sayuran ke dalam mangkuk lalu disiram dengan kuah kental yang terbuat dari tepung tapioka,gula jawa, ebi, kacang, dan rempah-rempah. Kuah dari mie ongklok ini berbeda dengan kuah mie pada umumnya, kuah mie pada umumnya terbilang encer dan segar, namun kuah mie ongklok ini seperti lem yang molor dan kental, kuah tersebut dinamakan dengan “loh” kuah inilah yang akan membuat badan para pemakannya menjadi lebih hangat.

Salah satu kedai Mie ongklok legendaris di Wonosobo adalah kedai Mie Ongklok Pak Muhadi, yang terletak persis di pinggir Jl. A Yani No. 1 Wonosobo. Kedai ini hampir tak pernah sepi pengunjung, mulai dari pengunjung lokal, hingga para wisatawan yang dateng dari luar kota. Kedai ini menyediakan satu menu khusus yaitu Mie ongklok. Eits tapi bukan semata-mata hanya Mie ongklok dan tidak ada tambahan lainnya. Di kedai ini juga menyediakan sate sapi dan tentunya gorengan khas Wonosobo, tempe kemul. Tempe kemul merupakan tempe yang diiris tipis dan digoreng melebar dengan paduan rempah rempah yang khas serta tepungnya yang kriuk, sangat cocok menjadi tambahan saat memakan Mie Ongklok. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, makan di kedai ini anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp.35.000 untuk satu posi Mie ongklok, sate sapi, gorengan dan teh hangat.

Mie ongklok cocok sekali di sajikan saat masih panas, di dukung dengan cuaca Wonosobo yang dingin, akan menmbah kesan nikmat bari para penyantapnya. Mie ongklok yang gurih, dipadukan dengan sate sapi yang empuk dan tak ketinggalan tempe kemul yang renyah, menjadi sebuah perpaduan yang klop dan sangat nikmat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image