Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Tiga Ucapan Manusia yang Mendatangkan Pahala Besar

Sabtu 06 Aug 2022 05:15 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Tiga Ucapan Manusia yang Mendatangkan Pahala Besar

Tiga Ucapan Manusia yang Mendatangkan Pahala Besar

Foto: Republika.co.id
Tidak ada kebaikan dari ucapan, kecuali ucapan mengajak manusia bersedekah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak manusia yang perkataannya setiap hari tidak memiliki nilai kebaikan di dalamnya. Bahkan banyak yang justru tergelincir kepada dosa disebabkan tidak mampu menjaga perkataan sehingga menimbulkan kemaksiatan.

Tetapi, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Iman Krejengan Probolinggo yang juga pimpinan Majelis Ahbaabul Musthofa Habib Hasan bin Ismail Al Muhdhor mengatakan ada sebagian kecil manusia yang ucapannya sehari-hari melahirkan pahala yang sangat besar sebagaimana dalam surat An Nisa ayat 114.

Baca Juga

Siapa saja mereka?

Pertama, orang yang menyeru kepada manusia untuk bersedekah 

Habib Hasan mengatakan tidak ada kebaikan dari ucapan dan perkumpulan manusia kecuali ucapan dan perkumpulan itu mengajak manusia bersedekah. Mereka memperhatikan keadaan kerabatnya, tetangganya, fakir maskin, anak-anak yatim dan orang-orang yang membutuhkan dan kemudian bersedekah kepada orang-orang itu. 

"Sedekah di akhir zaman menjadi amalan yang bisa sangat diharapkan untuk selamat dunia akhirat," kata Habib Hasan saat mengisi pengajian dalam Safari Dakwah Al Habib Hasan bin Ismail Al Muhdhor di Masjid Baitul Azhim, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan yang juga disiarkan melalui kanal resmi Al Wafa Tarim pada Kamis (4/8/2022).

Habib Hasan mengatakan di antara keutamaan sedekah adalah menolak bala, menyelamatkan diri dari siksa neraka, dan membuat diri dicintai Allah SWT serta meleburkan dosa. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA