Kamis 04 Aug 2022 11:32 WIB

Mengenal Kelebihan Adobe Premier dalam Editing Film

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas para pengajar

Program studi (prodi) Periklanan, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan pelatihan Adobe Premier.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program studi (prodi) Periklanan, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan pelatihan Adobe Premier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program studi (prodi) Periklanan, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan pelatihan Adobe Premier. Bertempat di laboratorium komputer Universitas BSI kampus Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Senin (18/7/2022) silam. Acara ini ditujukan untuk instruktur laboratorium editing.

Sultan Himawan sebagai narasumber mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas para pengajar praktek laboratorium di lingkungan Universitas BSI. “Kegiatan ini juga merupakan implementasi dosen dalam memenuhi tri dharma perguruan tinggi, yang mana berkontribusi memberikan ilmu pengetahuan dan informasi penting untuk mahasiswa. Lewat pelatihan ini para peserta diberikan materi tentang Teknik editing yang sering digunakan dalam dunia televisi,” ujar Sultan dalam keterangan rilis, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

Ia pun menjelaskan bahwa adobe premier merupakan salah satu software yang seringkali digunakan untuk mengedit video dan digunakan oleh para konten kreator dalam pembuatan video. Adobe premier memiliki beberapa fungsi seperti pembuatan proyek video, musik, membuat film dan dokumentasi serta melakukan editing konten.

“Proses editing film dibedakan menjadi dua yakni, continuity cutting yang merupakan editing film berisi penggabungan dua buah adegan yang memiliki kesinambungan dan dynamic cutting yang merupakan kebalikannya. Metode dalam dunia editing, terdapat jenis-jenis potongan atau cut, seperti Jump Cut, L Cut dan J Cut, Cutaways, Cross Cut, Match Cut, dan Montage,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam teknik editing film dibagi menjadi empat jenis yakni pararel editing yang artinya jika ada dua adegan dalam waktu bersaman, harus dirangkainkan silih berganti. Cross Cutting merupakan penyilangan dua adegan dalam waktu tidak bersamaan. Contras editing merupakan susunan gambar yang menampilkan kontradiksi dua adegan atau lebih. Terakhir adalah montrase trope yang merupakan sistem editing dengan simbol atau lambang untuk menimbulkan pemikiran penonton.

“Dengan menggunakan Adobe Premier, kita bisa menerapkan berbagai jenis teknik editing film hingga jenis-jenis potongan secara langsung. Karena premier memberikan fasilitas efek yang dapat diaplikasikan secara langsung dengan memasukkan video dan audio secara bersamaan, dan kemampuan membaca berbagai format file video yang akan menjadi proyek editing film,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement