Rabu 03 Aug 2022 04:47 WIB

Erdogan: Ekspor Gandum Ukraina Keberhasilan Diplomatik Turki

Semua orang mengakui bahwa langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi krisis gandum Ukraina adalah produk diplomasi Turki, kata Erdogan - Anadolu Agency

Red: Nur Aini
Kesepakatan ekspor gandum Ukraina yang dimediasi antara Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina adalah
Kesepakatan ekspor gandum Ukraina yang dimediasi antara Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina adalah

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kesepakatan ekspor gandum Ukraina yang dimediasi antara Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina adalah "produk" dari keberhasilan diplomatik Ankara, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin (1/8/2022).

"Semua orang menerima bahwa langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi krisis produk biji-bijian, yang diikuti dunia dengan cermat, adalah keberhasilan dari upaya negara kita," kata Erdogan setelah pertemuan Kabinet di ibu kota Ankara.

Baca Juga

Dia menambahkan bahwa "pekerjaan ini, yang diprakarsai di bawah kepemimpinan negara kita, merupakan keberhasilan diplomatik yang penting." Pernyataan Erdogan muncul setelah kapal bermuatan biji-bijian pertama berangkat dari pelabuhan Odesa di Ukraina menuju Lebanon pada Senin pagi.

Dipenuhi dengan jagung, kapal kargo kering berbendera Sierra Leone Razoni akan tiba di Istanbul pada Selasa, dan akan melanjutkan perjalanannya ke pelabuhan Tripoli setelah inspeksi di kota metropolitan Turki. Kapal tersebut membawa muatan jagung sebesar 26.527 ton. Presiden Erdogan mengungkapkan bahwa "simpul gandum tidak terikat" di Istanbul.

Turki, PBB, Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan pada 22 Juli untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina - Odesa, Chernomorsk, dan Yuzhny - untuk gandum yang telah tertahan selama berbulan-bulan karena perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Untuk mengawasi ekspor biji-bijian Ukraina, pusat koordinasi bersama di Istanbul secara resmi dibuka pada Rabu lalu, yang terdiri dari perwakilan dari Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina untuk memungkinkan transportasi yang aman, dengan kapal muatan dari Pelabuhan Laut Hitam.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/erdogan-ekspor-gandum-ukraina-keberhasilan-diplomatik-turki/2651174
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement