Selasa 02 Aug 2022 20:35 WIB

70 Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM Lulus tanpa Skripsi

Para mahasiswa lulus dengan menggunakan skema konversi.

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sejak diberlakukan pada 2020, Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah mencatatkan kurang lebih 70 mahasiswa yang lulus tanpa mengerjakan skripsi. Hal ini terjadi karena para mahasiswa lulus dengan menggunakan skema konversi. 

Dalam skema tersebut, mahasiswa dapat mengganti Tugas Akhir (TA) Skripsi menjadi memublikasikan Jurnal Ilmiah Nasional terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) dua atau tiga. Bisa juga dengan jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus dan Web of Sciences (WoS).

Baca Juga

Sekretaris Prodi IP UMM, Achmad Apriyanto Romadhan menilai, capaian luar biasa ini merupakan sebuah langkah maju yang diberlakukan Prodi IP UMM untuk merealisasikan kelulusan tepat waktu. Menurut Achmad, ketentuan ini sudah sesuai dengan Keputusan Rektor UMM Tahun 2017 mengenai kuivalensi karya kreatif dan inovatif ke dalam kegiatan kurikuler.

Achmad berpendapat, prestasi ini turut berkontribusi terhadap capaian peringkat pertama yang diperoleh UMM terkait kinerja publikasi untuk kategori strata satu bidang ilmu pemerintahan di Indonesia. Hal ini diketahui berdasarkan pemeringkatan SINTA pada 2022. Pada pemeringkatan tersebut, prodi IP UMM memperoleh nilai tertinggi dengan Score Overall 3.542 dan juga SINTA Score 3Yr: 2.441. "Hasil yang diperoleh ini juga mengungguli semua prodi-prodi ilmu pemerintahan lain di Indonesia,” kata Achmad dalam pesan resmi, Senin (1/8/2022).

Achmad tak menampik lompatan tersebut membutuhkan proses yang panjang. Sebab, raihan ini merupakan buah dari kerja keras dan kolaboratif antara dosen serta mahasiswa. Pihak prodi juga turut aktif dalam mendorong mahasiswa untuk membuat artikel ilmiah sebagai alternatif pengerjaan tugas akhir selain skripsi.

Untuk mendukung program tersebut, beberapa luaran mata kuliah maupun nonmata kuliah diwajibkan untuk menghasilkan jurnal dan prosiding. Dosen-dosen juga intensif dalam mendampingi pengerjaan artikel ilmiah para mahasiswa sehingga artikel yang dihasilkan menjadi lebih berbobot. Selain itu, para mahasiswa juga diberikan berbagai macam pelatihan penulisan jurnal, pengayaan metodologi penelitian dan penggunaan artificial intelligence seperti Vosviewer, Gephy, NVIVO dan Wordstat 8.

Mahasiswa IP UMM yang lulus dengan skema konversi, Mariano Werenfridus menyambut baik adanya kebijakan artikel nonskripsi sebagai TA. Hal ini terjadi karena para mahasiswa IP banyak memiliki kemampuan menulis yang memumpuni sehingga banyak artikel ilmiah mahasiswa yang tembus di jurnal dan prosiding.

Menurut dia, program ini sangat memfasilitasi kompetensi mahasiswa di bidang kepenulisan ilmiah. Selain itu, program ini juga memberikan apresiasi yang pantas bagi karya tulis mahasiswa karena bisa digunakan sebagai pengganti skripsi. "Manfaat lain yang dapat dirasakan teman-teman saya adalah semakin banyak yang tertarik untuk mengerjakan jurnal dan juga banyak pula yang lulus tepat waktu dengan skema tersebut,” katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement