Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Nakes di Kalsel Mulai Divaksinasi Dosis Keempat

Selasa 02 Aug 2022 13:14 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Instalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan Kalsel, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pemprov Kalsel mulai melakukan vaksinasi dosis keempat terhadap tenaga kesehatan.

Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Instalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan Kalsel, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pemprov Kalsel mulai melakukan vaksinasi dosis keempat terhadap tenaga kesehatan.

Foto: Antara/Bayu Pratama S
Pemprov Kalsel mulai melakukan vaksinasi dosis keempat terhadap tenaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan sudah mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau vaksinasi penguat kedua pada tenaga kesehatan di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan SelatanDiauddin di Banjarmasin, Selasa (2/8/2022), mengatakan pemberian suntikan dosis keempat vaksin Covid-19 pada tenaga kesehatan dilakukan mulai Senin (1/8/2022) di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Baca Juga

Diauddin menjelaskan, vaksinasi Covid-19 dosis keempat dilakukan guna memperkuat ketahanan tubuh tenaga kesehatan yang sehari-hari bertugas melayani pasien dan menghadapi risiko tinggi tertular virus corona.

Menurut data Dinas Kesehatan, jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 pada kelompok sumber daya manusia bidang kesehatan di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan sebanyak 26.575 orang. Di Kota Banjarmasin, menurut Dinas Kesehatan, ada 6.350 tenaga kesehatanyang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin M Ramadhan, vaksinasi dosis keempat pada tenaga kesehatan direkomendasikan menggunakan produk vaksin Covid-19 buatan Moderna, Sinovac, dan Pfizer.

"Dosisnya ada yang setengah dan ada juga yang satu. Tergantung merk. Misalnya Moderna setengah dosis," ujarnya.

Ia menambahkan,vaksinasi dosis keempat dilakukan enam bulan setelah vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi penguat pertama. "Dari kemarin sudah cukup banyak tenaga kesehatan yang ikuti suntik vaksin keempat ini. Saya juga lebih dulu (dapat vaksinasi keempat) sebagai contoh," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA