Senin 01 Aug 2022 14:21 WIB

4 Sayuran Terbaik yang Bantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi sayuran berdasarkan kondisi tubuh sangatlah penting.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Brokoli yang sudah menguning. Brokoli juga tinggi protein yang membantu meningkatkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Brokoli yang sudah menguning. Brokoli juga tinggi protein yang membantu meningkatkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidak semua buah dan sayur memiliki jenis nilai gizi yang sama. Beberapa sayuran mungkin tinggi sodium, dan yang lainnya mungkin tinggi potasium atau vitamin dan mineral lainnya. Karena itu, memilih dan mengonsumsi sayuran berdasarkan kondisi tubuh sangatlah penting.

Bagi penderita penyakit tertentu seperti diabetes, penting untuk memilih sayuran dan buah-buahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah, dan jika tidak dikendalikan bisa menyebabkan ginjal, merusak sistem saraf dan organ lainnya. 

Baca Juga

Salah satu cara mengontrol kadar gula darah bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang tepat. Dilansir dari Times Now News, Ahad (31/7/2022) berikut 4 sayuran terbaik bagi penderita diabetes.

1. Selada

 

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan vitamin K yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin, sehingga meningkatkan kadar gula darah. Vitamin K yang ada dalam selada juga membantu dalam pembekuan darah.

2. Terong

Sayuran ini kaya akan serat dan protein yang memperlambat proses penyerapan karbohidrat ke dalam darah, sehingga menjaga gula darah tetap terkendali.

3. Brokoli

Brokoli juga tinggi protein yang membantu meningkatkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat. Brokoli juga memelihara bakteri baik di perut yang membantu menjaga usus tetap sehat.

4. Kembang kol

Seperti halnya brokoli, sayuran ini juga termasuk dalam keluarga sayuran silangan yang kaya akan serat. Serat ini juga membantu menjaga perut kenyang lebih lama sekaligus menjaga kadar gula darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement