Ahad 31 Jul 2022 16:29 WIB

Tahun Baru Islam, Arab Saudi Mulai Terima Jamaah Umrah

Saudi mulai menyambut kedatangan umrah pertama

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ibadah Umrah
Foto: EPA/ALI HAIDER
Ilustrasi Ibadah Umrah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi mulai menyambut kedatangan umrah pertama dari luar negeri pada Sabtu (30/7/2022). Ini menandai awal musim umrah untuk tahun baru Islam 1444 hijriah, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency. 

Musim umrah baru dimulai pada hari Sabtu dengan pihak berwenang di Kerajaan menerima permintaan visa sejak 14 Juli.

Baca Juga

“Sehubungan dengan kedatangan jemaah dari luar negeri ke Masjidil Haram, kepresidenan terus melaksanakan pelayanan lapangan sesuai standar yang mempertimbangkan perkembangan terkini dalam pelayanan prima untuk menciptakan  lingkungan ibadah yang aman dan memberikan layanan terbaik kepada para peziarah Masjidil Haram dari seluruh dunia," kata Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci dilansir dari Arab News, Sabtu (30/7/2022).

Pihak berwenang mengatakan telah memulai persiapan untuk memberikan layanan sejak dini, sejalan dengan rencana manajemen kerumunan untuk protokol kesehatan. Termasuk juga menyiapkan Masjidil Haram di Makkah dan halamannya untuk memfasilitasi ritual umrah bagi peziarah dengan mudah dan tenang.

Otoritas terkait juga mengatakan telah menyiapkan layanan sesuai dengan rencana setelah kembalinya musim umrah setelah selesainya haji tahun ini. Lembaga itu menambahkan bahwa area dan pintu masuk khusus telah dialokasikan untuk peziarah untuk memastikan kelancaran pergerakan orang banyak.

Sebelumnya, Wakil presiden Komite Nasional Kegiatan Haji, Umrah, dan Kunjungan, Hani Al-Amiri memperkirakan, akan ada lebih dari 10 juta jemaah yang datang pada musim umrah ini. Para jamaah memang telah  diperkirakan mulai datang pada musim umrah yang dimulai pada 1 Muharram 1444 hijriah atau Sabtu (30/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement