Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Wapres Harapkan Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022

Sabtu 30 Jul 2022 23:16 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Perhelatan ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma

Perhelatan ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Ma'ruf menjanjikan penghargaan kepada atlet-atlet yang berprestasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap para atlet Indonesia berhasil meraih juara umum di perhelatan ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022. Ma'ruf menjanjikan penghargaan kepada atlet-atlet yang berprestasi di gelaran olahraga dua tahun sekali tersebut.

"Kita harapkan Indonesia bisa jadi juara umum ya, pemerintah akan memberikan penghargaan sesuai yang sudah direncanakan kepada para atlet atlet berprestasi," kata Ma'ruf saat membuka secara resmi ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga

Ma'ruf mengatakan, ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 di Surakarta ini diselenggarakan setelah beberapa tahun vakum. Karenanya, dia bersyukur gelaran olahraga untuk atlet difabel ini bisa digelar di Surakarta, Jawa Tengah.

"Saya kira ini sesuatu prestasi yang luar biasa untuk mendorong semangat atlet Para Games ini yang memang sudah lama tidak ada event-event internasional yang diharapkan oleh mereka," kata Ma'ruf.

"Mungkin kalau yang normal itu sering terjadi tapi untuk yang difabel ini memang tidak mudah penyelenggaraannya tapi alhamdulilah kita bisa menyelenggarakan pemerintah pusat pemerintah daerah bekerjasama," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional ini juga mengingatkan agar seluruh kontingen ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 menjunjung sportivitas selama gelaran olahraga berlangsung. Ma'ruf mengatakan,  ASEAN Para games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi semua pihak akan makna tentang kesetaraan.

"Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif," kata Ma'ruf.

Ma'ruf berharap para atlet yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya dapat membuktikan dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.

Ma'ruf juga berharap, ASEAN Para Games ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN.

"Saya berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN. Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh," ujar dia.

Sementara Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sekaligus Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) mengatakan kegiatan olahraga akan berlangsung hingga 5 Agustus mendatang dan ditutup pada 6 Agustus.

"Harapannya kita bisa meraih juara umum bisa tercapai," kata dia.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara resmi membuka gelaran ASEAN Para Games ke-XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7). Pembukaan ditandai dengan Pengangkatan Keris oleh Wapres Ma'ruf Amin diikuti dengan kemunculan Maskot ASEAN Para Games 2022.

ASEAN Para Games XI 2022 merupakan pertandingan olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara diselenggarakan di Surakarta mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Perhelatan ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Para Atletik, Para Swimming, Para Badminton, Para Tenis Meja, Para Chess, Para Powerlifting, Boccia, Blind Judo, Goalball, Wheelchair Tennis, Para Archery, CP Football, Wheelchair Basketball, dan Sitting Volleyball.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA