Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Dorong Transformasi Digital Pemerintah, Kemendagri Gandeng BUMN Peruri

Kamis 28 Jul 2022 21:06 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ilustrasi transformasi digital.

Ilustrasi transformasi digital.

Foto: www.freepik.com
Maraknya perkembangan digitalisasi memerlukan adanya fitur sekuriti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mengupayakan terwujudnya tranformasi digital dalam pemerintahan. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro mengatakan, organisasi pelayanan publik yang efektif bisa diwujudkan melalui digitalisasi. 

Kemendagri berharap pada Peruri, yang notabene bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat memberikan inovasi, solusi dan pendampingan-pendampingan terkait layanan digital sekuriti, baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Digitalisasi bisa membuat rakyat terlayani dengan baik,” katanya di Gedung Subono Mantofani, Kantor Peruri Jakarta, seperti dilansir pada Kamis (28/7/2022).

Baca Juga

Seiring dengan maraknya perkembangan digitalisasi, maka dibutuhkan adanya fitur sekuriti tinggi yang mampu menjamin pengendalian atas pemalsuan, penipuan, maupun pembobolan data. Peruri yang sudah berdiri lebih dari setengah abad sebagai trusted third party bagi pemerintah hadir sebagai perusahaan penjamin keaslian untuk produk konvensional maupun sistem digital. 

“Pada dasarnya Peruri memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan pendampingan transformasi digital baik di pemerintah pusat hingga pemerintah daerah melalui layanan security digital. Peruri juga selalu siap untuk membantu pemerintah meningkatkan produktivitasnya melayani kebutuhan masyarakat yang lebih efektif,” kata Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri.

Peruri dan Kemendagri berkomitmen untuk memajukan pembangunan nasional melalui percepatan transformasi digital secara menyeluruh. Kemendagri saat ini fokus untuk melakukan sinergi dengan beberapa pihak, terutama bagi pemerintah daerah agar membangun kerja sama dengan beberapa pihak antara lain pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, akademisi, media dan komunitas.

Kerjasama kedua instansi ini memang sudah berjalan lama, sebelum ini, seperti dilansir dari Antara, Kemendagri juga menggandeng Peruri dalam rangka mendukung pengembangan transaksi digital yang dijalankan oleh pemerintahan secara nasional mulai dari level provinsi, kota, kabupaten hingga pedesaan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA