Senin 25 Jul 2022 04:45 WIB

Kepulangan Jamaah Haji Kloter 1 Banjarmasin Tertunda 12 Jam

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel menerbangkan sebanyak 7 Kloter

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, kepulangan jamaah haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin ke tanah air tertunda 12 jam.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, kepulangan jamaah haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin ke tanah air tertunda 12 jam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, kepulangan jamaah haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin ke tanah air tertunda 12 jam.

"Seharusnya keberangkatan Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin untuk pulang ke tanah air pada hari ini sekitar pukul 05.05 Waktu Arab Saudi (WAB) dari Mekkah Arab Saudi," ucapnya di Banjarmasin, Ahad (24/7/2022).

Baca Juga

Namun didapat informasi dari GM Garuda Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin bahwa Kloter 1 penundaan kedatangan hampir 12 jam. Dengan ditundanya kedatangan jamaah haji Kloter 1 ini, kata Tambrin, maka dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten, karena jamaah Kloter 1 ini dari Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar.

Koordinasi juga diteruskan dengan panitia penyambutan kedatangan jamaah haji baik di bandara maupun di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. "Demikian juga dengan keluarga para jamaah haji secepatnya dikoordinasikan, sehingga penjemputan bisa disesuaikan waktunya," ujarnya.

Menurut pihak Garuda Indonesia, karena yang mengangkut kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin dengan pesawat Garuda, Untuk Kloter I direncanakan tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada 26 Juli 2022.

"Waktunya diperkirakan sampai bandara kita ini pukul 06.45 WITA," ungkapnya.

Dia berharap keluarga para jamaah haji dapat memaklumi adanya kondisi ini, sehingga tetap berdoa agar semua jamaah haji selamat hingga pulang dan berkumpul lagi dengan keluarga. Tambrin pun menginformasikan para jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sebanyak 7 Kloter dalam kondisi kesehatan baik di Arab Saudi.

"Kondisi jamaah haji kita

sehat dan semangat mau pulang, paling ada yang batuk dan flu, itu saja," tuturnya.

Tambrin pun menyampaikan, bahwa pelaksanaan ibadah haji para jamaah haji Embarkasi Banjarmasin berjalan lancar, saat ini sebagian jamaah haji berada di Madinah. Untuk kedatangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin pada gelombang 1 ini ada sebanyak 5 Kloter diterbangkan dari Bandara di Jeddah Arab Saudi. Sedangkan dua Kloter lainnya ikut kepulangan gelombang ke-2, yakni, dari Bandara di Madinah.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel menerbangkan sebanyak 7 Kloter, yaitu, 5 Kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang. Sementara itu 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang. Sejauh ini ada tiga jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tahun 2022 yang meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement