Kamis 21 Jul 2022 14:14 WIB

Pemuda Mesir Khatamkan Seluruh Alquran dalam Tujuh Jam

Pemuda Mesir mengkhatamkan Alquran dalam waktu tujuh jam tanpa membuat kesalahan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran
Foto: Republika.co.id
Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO — Seorang pemuda di Mesir membuat rekor dengan mengkhatamkan seluruh bacaan Alquran hanya dalam waktu tujuh jam.  Ia adalah Muhammad Abdul Rahman seorang penghafal Quran yang juga lulusan farmakologi di sebuah kampus di Mesir.

Seperti dilansir Iqna.ir pada Kamis (21/7) Muhammad mengkhatamkan Alquran dalam waktu tujuh jam tanpa membuat kesalahan. Muhammad memang dibesarkan dalam keluarga yang semua anggotanya adalah penghafal Alquran. 

Baca Juga

Dalam sebuah wawancara di sebuah program  televisi swasta di Mesir, Muhammad menceritakan bahwa dirinya telah menghafalkan seluruh Alquran sejak usia 9 tahun tepatnya ketika dia duduk di kelas empat sekolah dasar. Muhammad juga mempelajari tajwid dan teknik membaca Alquran dari sejumlah ahli di kampung halamannya di Kafr el Sheikh. 

Ketika membaca Alquran sampai khatam dalam tujuh jam, Muhammad senang menirukan gaya almarhum Syekh Abolainain Shoasiha yaitu seorang qari di Mesir. Menurut Muhammad keberhasilan dalam menghafal Alquran tak lepas dari pengulangan (murajaah) yang sangat penting agar tidak melupakan ayat-ayat Alquran yang telah dihafal.

Kegiatan membaca dan menghafal Alquran di Mesir memang sangat umum. Negara dengan 90 persen populasi penduduk adalah Musim itu banyak melahirkan para qari ternama dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement