Sabtu 16 Jul 2022 07:59 WIB

Jay-Z Umumkan Istirahat dari Musik

Jay-Z umumkan hanya istirahat dari musik dan belum pensiun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Jay-Z umumkan hanya istirahat dari musik dan belum pensiun.
Foto: EPA
Jay-Z umumkan hanya istirahat dari musik dan belum pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Rap Jay-Z menyatakan istirahat dari dunia musik. Namun, dia tak menutup kemungkinan untuk merilis musik baru suatu saat nanti. Bintang hip-hop dan maestro berusia 52 tahun itu mengungkapkan bahwa rencana masa depannya belum jelas, tetapi dia masih menghindari kata "pensiun" saat ini.

"Saya tidak aktif membuat musik atau album, atau memiliki rencana untuk membuat album. Tapi saya tidak pernah ingin mengatakan sudah pensiun. Ini terbuka untuk apa pun,” kata rapper bernama Shawn Corey Carter itu dilansir People, Sabtu (16/7/2022).

Baca Juga

Dia terbuka untuk melakukan apapun, atau tidak membatasi diri berkarya sejauh ini. Album terbaru rapper itu 4:44 yang rilis pada 2017. Dia juga mengeluarkan album kolaboratif Everything Is Love dengan istrinya, Beyoncé setahun kemudian.

Meski demikian, dia telah menggoda rencana pensiun dari dapur rekaman sejak lama. Dia pernah menyatakan rencana pensiunnya pada 2003, dengan pesta ledakan di Madison Square Garden. Meskipun ia terus berkolaborasi dengan berbagai artis, termasuk Linkin Park, Jay-Z secara resmi mengakhiri masa pensiunnya pada 2006 dengan album Kingdom Come dan American Gangster satu tahun kemudian.

Bintang itu menyebut kata pensiun sangat mengerikan, karena itu, dia menyatakan hanya ingin istirahat sejenak ketika memutuskan berhenti pada 2003. "Saya benar-benar kelelahan saat itu,” ujar dia.

Jay-Z membagikan bahwa dia  merilis album setiap tahun, yaitu pada 1996, 1997, 1998. Suatu saat, dia merasa sangat lelah dengan kondisinya. “Saya belum pernah berlibur. Saya benar-benar kelelahan pada saat itu,” kata dia.

Selama ini, Jay-Z tetap sibuk selama bertahun-tahun dengan berbagai usaha kewirausahaan. Ayah tiga anak ini dinobatkan sebagai miliarder hip-hop pertama oleh Forbes pada 2019, yang asetnya berkisar dari perusahaan hiburan Roc Nation hingga sampanye Armand de Brignac dan cognac D'Ussé.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement