Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Muslim Nova Scotia di Kanada Kembali Rayakan Idul Adha Bersama 

Senin 11 Jul 2022 14:28 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Muslim Nova Scotia di Kanada kembali Rayakan Idul Adha Bersama 

Muslim Nova Scotia di Kanada kembali Rayakan Idul Adha Bersama 

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Masjid Ummah menggelar sholat Idul Adha di luar ruangan pertama kali sejak pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, HAILFAX -- Mohamed Elsaraiti, seorang penjual toko daging halal di Kota Hailfax, Nova Scotia, Kanada mengaku biasanya melayani hampir 150 pelanggan setiap hari. Namun, momen Idul Adha yang dirayakan pada Jumat (8/7/2022) membuat tokonya bersama toko daging halal lain lebih sibuk pada waktu tersebut. 

"Kemarin, saya dan pemiliknya sudah bangun sejak pukul 05.00 untuk pergi dan bersiap-siap untuk hari itu. Dan kami sudah berlari tadi malam sampai pukul 01.00," kata kata Elsaraiti dilansir dari CBC News, Ahad (10/7/2022).

Baca Juga

Banyak dari pelanggan yang sibuk mengantre di Toko Daging Al Hilal dan Masakan Timur Tengah lainnya. Banyak dari mereka mengambil beberapa tas belanjaan penuh dengan irisan daging untuk mempersiapkan Hari Raya bersama keluarga 

 

Idul Adha adalah salah satu dari dua hari libur utama Muslim, yang merayakan akhir dari ziarah tahunan ke Makkkah. Serta tentang kisah Nabi Ibrahim yang bermimpi bahwa Allah memerintahkannya untuk mengorbankan putranya.

 

Liburan dirayakan dengan pertemuan sosial besar, doa bersama dan dengan mengorbankan hewan dan berbagi daging dengan keluarga, teman dan anggota masyarakat. Abdullah Yousri, imam Masjid Masjid Ummah di Halifax, mengatakan memberi sedekah juga merupakan bagian penting dari Idul Adha.

"Kami berbagi makanan dan berbagi daging [dan hadiah] dengan keluarga, dengan teman-teman ... dan juga untuk masyarakat yang kurang beruntung, kami akan memberikan banyak amal selama hari-hari ini," katanya. 

Yousri mengatakan keluarga sering memilih badan amal mereka sendiri untuk disumbangkan, dan itu bisa lokal atau di seluruh dunia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA