Senin 11 Jul 2022 08:57 WIB

Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI Adakan  Kuliah Umum Desain Kemasan Kreatif

Kemasan  harus bisa menginformasikan apa produknya. 

Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI Depok menyelenggarakan Kuliah Umum Desain Kemasan: Strategi Mendesain Kemasan Kreatif Bagi Pebisnis Pemula.
Foto: Dok STEI SEBI
Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI Depok menyelenggarakan Kuliah Umum Desain Kemasan: Strategi Mendesain Kemasan Kreatif Bagi Pebisnis Pemula.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS)  STEI SEBI Depok melaksanakan webinar dengan tema “Strategi Mendesain Kemasan Kreatif bagi Pebisnis Pemula" beberapa waktu lalu. Narasumber acara ini merupakan salah satu Creative Group Head dari Dampu Design yaitu Damaralam Hendradewa dan rekannya,  Nanang Wahyudi.  Ia  memiliki segudang pengalaman di bidang design kemasan kreatif. Keduanya  pernah mendesign sejumlah produk ternama di Indonesia di antara nya Olay, Sunsilk,  Marina, dan Dove. 

 Acara kuliah umum tersebut dibuka oleh MC mahasiswa Bisnis Syariah,  Hafsah Muthmainnah. Moderator adalah Nanang Wahyudi.

Damaralam Hendradewa  memulai pemaran materi dengan menjelaskan  apa itu kemasan. Kemasan saja tidak cukup. Kemasan  harus bisa menginformasikan apa produknya.  “Tugas kemasan adalah melindungi, sebagai wadah, promosi, melindungi agar tidak mudah dicuri, agar nyaman dipegang, bisa menjual produknya, gampang dibuka dan ditutup lagi,” kata Hendradewa dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (9/7/2022).

Ia mengungkapkan,  konsumen hanya punya waktu 3-5 detik untuk melihat rak kiri atau kanan. “Jika kemasan tidak unik,  maka akan sulit dilirik oleh konsumen,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Nanti saat produk kita sudah naik di pasar, maka akan muncul peniru atau kompetitor.  Jangan risau.  Kita harus tetap melihat perubahan pasar, selalu melakukan inovasi dan perhatikan packaging value.

Menurutnya,  produk sama persis tapi dengan kemasan yg berbeda jadi lebih mahal dengan memperhatikan hal-hal berikut di antara nya adalah harmonis, harus selaras, tampil beda, label untuk semua, sosmedable. 

“Jika kita ingin membangun sebuah bisnis,  selain mempertahatikan target pasar dan keuangan yang dimiliki,  kita juga harus lebih peduli dengan desain kemasan untuk produk kita nanti. Karena banyak sekali tipe konsumen jika ingin membeli suatu barang, salah satunya melihat seberapa cantik kemasan itu dibuat. Bahkan bukan untuk mempercantik produk kita saja, tetapidesain kemasan yang kreatif dan inovatif akan lebih mudah diterima oleh konsumen,” paparnya. 

Di akhir sesi pemaparan materi,  diadakan sesi tanya jawab secara interaktif. Kepada peserta seminar dan penanya terbaik mendapatkan marchandise yang telah disiapkan oleh panitia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement