Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruqyah Kuningan

Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi | Thursday, 09 Feb 2023, 06:22 WIB

Instagram yang kita kenal memiliki jumlah pengguna yang besar dan merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang memiliki banyak fungsi. Dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru yang menambah keindahan tampilan utama, sehingga Instagram terlihat lebih atraktif dan estetik.

Instagram yang dahulu hanya merupakan media sosial untuk bertukar foto dan video saja, kini telah berkembangan dan meluas hingga ke bidang bisnis. Aplikasi Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Apa Itu Instagram

Instagram adalah platform media sosial tempat Anda dapat saling berbagi foto, video, serta cerita melalui fitur IG Story dengan orang lain.

Seperti yang kita ketahui, Instagram dikembangkan oleh Facebook sejak tahun 2012 hingga sekarang. Instagram memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengeditan dan mengunggah baik foto, video biasa, maupun video berdurasi pendek atau Instagram Reels.

Dalam setiap postingan, Anda dapat menambahkan keterangan (caption), kemudian menambahkan hashtag yang menggambarkan postingan. Anda juga dapat menyertakan informasi lokasi dan melakukan tag pada akun lain yang terkait dengan postingan yang diunggah.

Bagi Anda yang ingin menjaga privasi profilnya dan tidak ingin diketahui oleh akun lain, dapat melakukan pengaturan privasi. Dengan cara ini, hanya pengikut Anda saja yang dapat melihat profil, postingan, dan cerita Anda.

Tentu saja, tujuannya adalah untuk mencegah foto Anda dari disalahgunakan oleh orang lain untuk membuat akun palsu.

Saat ini, Instagram bukan hanya sebagai sarana untuk individu dalam mempertahankan hubungan sosial meski berjarak jauh, tetapi juga telah banyak dimanfaatkan sebagai sumber bisnis baru. Anda yang memiliki produk dapat melakukan promosi melalui Instagram.

Selain itu, dengan menjadi seorang influencer, ada kemungkinan besar bahwa perusahaan akan mengajak kerjasama dengan Anda untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Semakin baik insight dan tingkat keterlibatan akun Instagram Anda, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan endorse.

Fitur Terbaru Instagram yang Harus Diketahui oleh Anda

Dikabarkan bahwa saat ini Instagram memiliki jumlah pengguna sebanyak 2 miliar, yang menjadikannya salah satu platform media sosial paling populer.

Instagram tidak hanya populer pada kalangan remaja saja, tetapi sudah digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk meningkatkan popularitas dan pengalaman pengguna, Instagram terus memperbarui fitur-fitur mereka. Berikut adalah beberapa fitur terbaru Instagram yang harus Anda ketahui.

1. Pencarian Map Instagram

Instagram menambahkan fitur baru yang bernama Peta Pemetaan. Pengguna Instagram dapat memilih pilihan dari daftar kategori fitur peta, seperti bandara, stasiun, kafe, mal, restoran, coffee shop, dan masih banyak lainnya.

2. Update Status Akun

Saat ini, Instagram telah meluncurkan satu fitur terbaru yang bernama "Update Status Akun". Fitur ini sangat membantu pengguna jika postingan mereka sering dihapus oleh pihak Instagram karena melanggar syarat, seperti pelanggaran hak cipta.

Instagram sedang berupaya untuk meningkatkan sistemnya dengan memberikan transparansi kepada para akun penggunanya dengan menunjukkan apakah postingan konten mereka diinginkan atau direkomendasikan melalui sistem algoritma.

Pada saat melakukan update, Anda akan dapat melihat tanda pada tampilan status akun. Setelah itu, akan ditampilkan beberapa contoh postingan yang mungkin tidak memenuhi kebijakan Instagram dan akan dijelaskan mengapa postingan tersebut didelete.

3. Atur Jadwal Postingan Reel

Anda dapat mengatur jadwal pemostingan Reels dengan menggunakan fitur terbaru ini. Sehingga, anda dapat dengan mudah menentukan tanggal dan waktu yang sesuai untuk mempublikasikan Reels.

Fitur baru ini hanya dapat digunakan oleh akun profesional atau bisnis. Kini, Anda dapat membuat jadwal pemostingan foto, carousel, dan reels melalui aplikasi Instagram hingga 75 hari ke depan.

Langkah-Langkah untuk Mengatur Jadwal Instagram Reels:

- Buka menu Pengaturan.

- Pilih opsi Jadwal.

- Tentukan konten yang ingin diposting.

- Kemudian, atur opsi "Jadwalkan" pada komposer posting.

4. Monetisasi Akun Lewat Followers

Instagram mengenakan biaya berlangganan bagi pengikut yang mengikuti akun Anda. Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin tinggi tarif yang dapat Anda tetapkan. Hal ini memungkinkan para influencer untuk memperoleh penghasilan yang besar dari pengikut mereka.

Dengan mengikuti sistem berlangganan, para influencer dapat menetapkan tarif tertentu bagi para followers yang ingin menonton saat mereka melakukan sesi livestreaming.

5. Toko Onlne Instagram Shop

Sebagaimana diketahui, Instagram merupakan salah satu platform bagi pengguna untuk berbagi foto dan video. Namun, pada saat ini Instagram juga telah mengalami peningkatan dan berkembang dengan adanya fitur toko online bernama Instagram Shop.

Anda yang memiliki produk, dapat mempromosikan produk anda melalui fitur e-Commerce mini instagram. Dengan banyaknya pengguna instagram, peluang untuk meningkatkan keuntungan akan semakin besar.

6. instagram notes

Anda dapat berkomunikasi dengan grup teman instagram melalui fitur pesan singkat berupa catatan dengan batasan kurang dari 60 karakter yang berlaku selama 24 jam.

Ini adalah metode teranyar bagi Anda yang ingin mengirimkan pesan singkat secara bersamaan ke beberapa teman melalui fitur notes dengan batasan maksimal 60 karakter. Namun, perlu diperhatikan bahwa notes ini akan terhapus setelah 24 jam, sehingga sangat dianjurkan untuk memantau masa aktifnya secara teratur.

Demikianlah fitur-fitur terbaru dari Instagram yang patut anda ketahui. Berkat popularitas platform media sosial ini, setiap konten yang anda unggah dapat memberikan manfaat bagi anda.

Referensi: Arjuna Pulsa

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image