Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Finj Media

Tanda-Tanda Hamil Muda

Gaya Hidup | Monday, 30 Jan 2023, 16:36 WIB
Tanda Tanda Hamil Muda

Tanda Tanda Hamil Muda - Jadi sudah sebulan saya tidak ngeblog karena capek, lemas, ngantuk dan moody, buka dashboard blog saja tidak membuat saya betah. Hah..

Nah, hari ini, meski moodnya cukup baik, saya ingin bercerita sedikit tentang tanda-tanda awal kehamilan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Ya memang benar, namun tanda-tanda hamil muda pasti berbeda pada setiap ibu. Tapi semoga bisa menjadi referensi, terutama bagi para ibu baru yang belum pernah mengalami hal ini.

Tanda Tanda Hamil Muda

Tanda pertama yang cukup jelas adalah keterlambatan menstruasi. Namun, saya tidak merasakan hal itu pada kehamilan pertama saya karena malah haid saya tidak berhenti dan lama kelamaan lumer. Tapi siapa sangka kalau dia benar-benar hamil. Ketika orang mengatakan itu disebut darah terakhir, saya tidak begitu mengerti.

Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid

Nah di masa kehamilan saya saat ini eciieee.. lalu saya merasakan apa yg disebut telat haid. Sudah 2 minggu saya tidak haid tapi saya rasa saya belum hamil karena haid saya tidak teratur, kadang sampai sebulan saya tidak haid.

Hingga suatu hari beberapa waktu lalu saya memaksakan diri untuk pergi berlibur bersama keluarga dan menginap di villa saat pandemi, paginya saya muntah seperti hamil, lalu mertua saya spontan berkata: “Saya tidak hamil". . Yah, saya hanya berpikir, "Apakah itu benar?"

Hampir semua ibu hamil sepertinya mengalami gejala mual muntah, termasuk saya. Walaupun saya sering sulit membedakan antara morning sickness dan heartburn, apalagi saya menderita maag kronis. Pantas saja saya berobat ke dokter keluarga saat hamil pertama dan diberi obat anti maag. Padahal saya sedang hamil, tidak ada maag...ternyata minum obat juga tidak sembuh-sembuh.

Bahkan dengan kehamilan saya saat ini, saya masih berpikir jika maag datang kembali atau saya masuk angin, karena rasanya tidak ada bedanya. Untuk itu saya setiap pagi minum obat maag, kadang juga minta dikerok. Tapi rasa mualnya masih belum hilang.

Tanda Tanda Hamil

Juga, terkadang saya mabuk laut. Jika Anda pernah menyeberangi laut dengan perahu atau perahu dan merasa tidak enak karenanya. Persis seperti itulah rasanya. Atau naik bus jarak jauh, naik kincir angin di Dufan sampai 10 kali, yang biasanya bikin mabuk, mual, dan muntah. Itulah perasaannya

Gejala lain yang saya alami adalah sering buang air kecil. Jadi yang biasanya tidur nyenyak di malam hari sampai pagi. Namun, Anda mungkin terbangun 2-3 kali selama hamil karena BAK. Intensitas BAK juga meningkat pada siang hari.

Selama kehamilan, terutama pada minggu-minggu pertama kehamilan, saya merasa mudah lelah, kaki lemas, pusing, padahal tidak banyak pekerjaan yang harus saya lakukan. Alhasil, saya lebih banyak istirahat di rumah. Walaupun terkadang saya hanya ingin pergi ke kantor, saya tidak tahan, meskipun saya rela pergi, tetapi seringkali saya tiba-tiba merasa lemas, pusing, sangat mual. Untungnya saya bisa keluar dari program sekarang, jadi dalam hal ini saya bisa memilih WFH saja.

Indera penciuman saya juga lebih sensitif selama kehamilan. Entah kenapa, sejak kehamilan pertamaku, mencium aroma pria selalu membuatku mual. Jadi setidaknya Anda tidak bisa berada di dekat pria Anda, apalagi jika dia belum mandi. Bau sabun cairnya saja sudah bikin mual, padahal baunya enak... Gak ngerti lagi...

Tanda Tanda Hamil Muda Selain Telat Menstruasi

Hal itu tidak saya rasakan pada kehamilan pertama saya. Tapi dengan kehamilan ini saya merasa lebih sensitif dan lebih mudah menangis. Saya di kantor, lalu saya ingat anak itu tiba-tiba mulai menangis, saya ingat bagaimana suami saya menangis, saya ingat hal-hal kecil yang membuat saya menangis. Bahkan ketika saya melihat Drakora yang adegannya tidak begitu menyedihkan saya tidak bisa berhenti menangis... *ya Tuhan :D

Saya juga merasa sangat murung pada tahap awal kehamilan saya. Saya tidak mau ngeblog, jualan online, bahkan ke kantor, jujur saya merasa sangat tidak enak. Anda hanya ingin tinggal di rumah, tidak pergi kemana-mana. Melihat drakor saja terkadang membuatku sangat mual, aku sedang tidak mood.

Juga, saya sedang tidak mood untuk ngeblog kali ini, tapi saya memaksakan diri untuk mengingatkan diri sendiri bahwa saya sudah sebulan tidak mengupdate blog ini. Huhu.. semoga drama mood drop ini segera berakhir agar bisa produktif kembali.. Aamiin.. Kehamilan remaja adalah keadaan kehamilan pada trimester pertama yaitu usia kehamilan 1-12 minggu pertama. Selama periode ini, keterlambatan menstruasi biasanya dimulai. Namun, tanda dan gejala awal kehamilan bisa muncul sebelum haid tertunda. Ingatlah bahwa setiap wanita memiliki kondisi tubuh yang berbeda yang mempengaruhi karakteristik dan tanda kehamilan yang berbeda pula. Selain itu, setidaknya ada 17 tanda dan gejala hamil muda yang biasanya bisa terjadi. Semakin cepat Anda mengetahui tanda-tanda kehamilan semakin baik, karena memungkinkan Anda untuk mengenali dan mempersiapkan kehamilan dengan lebih baik.

Dari minggu 1 hingga minggu 4, semuanya masih terjadi di tingkat sel. Telur yang telah dibuahi menciptakan blastocyst (sekelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi. Sekitar 10-14 hari kemudian, pada minggu ke-4 setelah pembuahan, blastokista bersarang di lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan implantasi atau perdarahan kehamilan, yang dapat disalahartikan sebagai periode normal.

Tanda Tanda Hamil Muda, Gejala Justru Serupa Dengan Menstruasi

Namun, perdarahan ringan yang merupakan ciri khas kehamilan muda berarti perdarahan berupa bercak darah. Artinya tidak ada perdarahan pada hari lain, seperti pada awal menstruasi. Selain itu, warna darah haid semua berwarna pink, merah atau hitam-merah, sedangkan darah yang dikeluarkan saat hamil muda hanya berwarna coklat dan sangat sedikit. Darah ini merupakan tanda bahwa sel telur telah dibuahi di dinding rahim.

Meski hanya bercak darah, kondisi ini tetap bisa menyebabkan sakit perut. Namun, nyerinya tidak berlangsung lama, kurang dari tiga hari, dan tidak memerlukan pengobatan. Sedangkan ketika Anda mengalami menstruasi, bahkan 3 hari sebelumnya, Anda sudah mengalami nyeri sedang hingga berat bahkan mungkin memerlukan pengobatan.

Bukan rahasia lagi jika seseorang yang mengalami telat datang bulan selalu dikaitkan dengan tanda-tanda kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh mulai berproduksi setelah implantasi (pembuahan) selesai

(HCG). Hormon ini membantu tubuh mempertahankan kehamilan. Ini juga memberi tahu ovarium untuk berhenti melepaskan rahim atau berhenti menstruasi. Wanita yang hamil di usia muda mungkin tidak mengalami menstruasi lagi empat minggu setelah pembuahan. Oleh karena itu, untuk amannya, Anda harus melakukan tes kehamilan jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlambat.

Penting! 9+ Ciri Ciri Orang Hamil Muda Yang Perlu Anda Tahu

Kelelahan dapat terjadi selama kehamilan. Namun gejala ini biasanya terjadi pada awal kehamilan atau pada usia muda. Kadar progesteron wanita hamil muda meningkat, yang bisa membuat seseorang mengantuk dan lelah. Tak hanya itu, peningkatan volume darah, perubahan detak jantung, dan metabolisme tubuh juga memengaruhi kelelahan saat hamil muda. Oleh karena itu sangat penting dalam beberapa minggu pertama kehamilan untuk cukup tidur, makan makanan bergizi, memenuhi kebutuhan zat besi dan mengurangi minuman berkafein.

Selama kehamilan muda, perubahan hormon menyebabkan perubahan pada organ wanita, termasuk payudara. Perubahan ini dapat berupa peningkatan nyeri tekan, nyeri, dan nyeri tekan pada payudara. Perubahan payudara dapat muncul antara 4 dan 6 minggu. Pada wanita hamil muda, payudara dan puting bengkak biasanya terjadi, tetapi akan hilang setelah beberapa minggu saat tubuh menyesuaikan atau terbiasa dengan hormon.

Perubahan pada puting dan payudara juga bisa terjadi sekitar minggu ke-11. Hormon terus merangsang pertumbuhan payudara. Area di sekitar puting juga bisa menjadi lebih gelap dan lebih besar, dengan pembuluh darah yang terlihat di permukaan kulit payudara. Sebagai indikator tambahan bahwa jerawat biasanya muncul saat haid, perubahan payudara disertai dengan tumbuhnya jerawat. Untuk meredakan nyeri, Anda bisa mengganti bantalan menyusui yang lebih pas atau membeli bra khusus ibu hamil.

Selama awal kehamilan, sebagian besar wanita merasa ingin buang air kecil terus-menerus, terutama di malam hari. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan peningkatan cairan tubuh. Pada kondisi ini, saat tubuh wanita memompa lebih banyak darah saat hamil ringan, hormon yang terlibat adalah human chorionic gonadotropin (hCG). Akibatnya, ginjal memproses lebih banyak cairan dan akhirnya lebih banyak cairan di kandung kemih.

Tanda Tanda Hamil Yang Sering Muncul Sampai Tak Umum

Pada trimester berikutnya, gejala sering buang air kecil masih ada, namun disebabkan oleh rahim yang membesar sehingga menekan kandung kemih. Hal ini menyebabkan saraf merespon dan mengirimkan sinyal ke otak untuk buang air kecil. Oleh karena itu, pada bulan-bulan terakhir, wanita cenderung sering buang air kecil meskipun kandung kemihnya belum penuh, dan perubahan hormonal membuat sulit menahan keinginan untuk buang air kecil. Untuk mengatasi masalah ini, para ibu dapat menghilangkan satu hingga dua cangkir air dari apa yang mereka minum setiap hari dan membuat jadwal buang air yang teratur.

Indera penciuman wanita hamil paling kuat pada trimester pertama. Selama periode ini, wanita lebih sensitif terhadap bau. Karena perubahan hormonal, wanita mudah terganggu oleh bau yang tidak sedap. Namun informasi ini belum diteliti lebih lanjut karena ini adalah penelitian berdasarkan kesaksian langsung dari ibu hamil. Inilah salah satu alasan mengapa bau yang biasa pun membuat ibu hamil merasa mual. Misalnya parfum, wewangian, bumbu masakan yang berbau menyengat dan asap rokok. Kepekaan terhadap bau juga menjadi alasan mengapa ibu hamil muda juga menjadi lebih pilih-pilih makanan tertentu.

Morning sickness merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi wanita yang mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Meski Anda menggunakan kata "pagi", gejala ini bisa muncul kapan saja - pagi, siang, sore, atau malam hari. Namun, morning sickness cenderung lebih sering terjadi di pagi hari karena perubahan hormon di pagi hari sangat kuat. Morning sickness biasanya terjadi sekitar minggu ke-4 kehamilan

Tanda hamil muda 1 minggu, tanda istri hamil muda, tanda orang hamil muda, tanda hamil muda pada perut, tanda hamil muda, apakah pusing tanda hamil muda, tanda dan gejala hamil muda, tanda tanda mau hamil muda, keputihan tanda hamil muda, apa tanda hamil muda, tanda gejala hamil muda, tanda perut hamil muda.

Sumber : https://www.finjmedia.com/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image