Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Gagasan Besar Erick Thohir untuk Benahi Sepak Bola Nasional

Olahraga | Sunday, 29 Jan 2023, 02:24 WIB
Foto: Detik.com

Kehadiran Erick Thohir di dalam upaya membenahi sepak bola Indonesia dengan memastikan dirinya masuk sebagai kandidat Ketua Umum PSSI tahun ini memberikan angin segar. Sebab sejak awal, jauh sebelum ET mendeklarasikan diri dukungan publik kepadanya memang telah sangat tinggi. Ekspektasi publik sepak bola Indonesia sangat tinggi kepadanya. Sebab ia memiliki pengalaman, jaringan internasional, profesionalitas, dan komitmen serta integritas sebagai modal mengelola sepak bola Indonesia.

Tapi hingga sejauh ini, tahukah kalian apa saja gagasan Erick Thohir yang penting untuk membenahi sepak bola Indonesia? Berikut terangkum beberapa gagasan ET untuk sepak bola Indonesia.

Pertama, ET menilai struktur Liga Indonesia saat ini terlalu sedikit (Liga 1, 2 & 3). Sebab itu, melangkah jauh, ia merencanakan penambahan jenjang kompetisi itu. Rencana itu didukung oleh beberapa faktor peluang partisipasi klub dan pemain muda. Saat ini banyak klub sepak bola di Indonesia yang tidak bisa berpartisipasi dalam kompetisi resmi di bawah PSSI, lantaran sedikitnya jenjang kompetisi liga di Indonesia. Juga banyak pemain muda potensial yang tidak punya kesempatan bermain. Padahal seperti kata ET, semakin banyak jenjang kompetisi liga, maka semakin besar peluang bagi pemain muda untuk bermain. Selain itu, berkaca pada sepak bola maju misal Inggris, di sana jenjang kompetisinya begitu banyak dan bahkan ada kompetisi bernama Piala FA (FA Cup) yang mempertemukan klub-klub dari semua kasta kompetisi.

Kedua, pembenahan kualitas liga. Paling tidak ada dua kata kunci dalam gagasan ET untuk ini. Pertama, pembinaan kualitas wasit supaya bisa menghadirkan kepemimpinan wasit tegas, berani, profesional dan menjunjung sportifitas.

Tapi ET menyadari ‘human error’ tak bisa dihindari. Maka, solusinya adalah menghadirkan VAR untuk sepak bola Indonesia. Bagi ET, penggunaan teknologi modern yang mendukung sportifitas sepak bola Indonesia adalah sebuah keharusan yang tak bisa ditawar lagi.

Ketiga, membangun ‘roadmap’ jangka panjang untuk sepak bola Indonesia. Dalam konteks ini, dengan tegas ET menyebut ingin menjadikan sepak bola Jepang sebagai ‘role model’ di dalam memajukan sepak bola Indonesia.

Sebagai orang yang berpengetahuan luas tentang sepak bola, ET memahami bahwa apa yang dilakukan oleh Jepang di dalam membangun sepak bolanya penuh totalitas: mulai dari pembinaan SDM sepak bola (berkolaborasi dengan institusi pendidikan) sinerginya dengan perusahaan (industri sepak bola), penguatan sepak bola per wilayah (sinergi klub dengan daerah), sosialisasi sepak bola supaya menguat di masyarakat (melalui anime Tsubasa, dll), dan target atau rencana jangka panjangnya yang tertuang jelas ke dalam roadmap.

Keempat, pembenahan total PSSI sebagai induk federasi sepak bola Indonesia. Inilah paling penting dari sekian gagasan ET, yakni komitmen, integritas & keberaniannya untuk revolusi sepak bola lewat revolusi PSSI. Sebab itu, makna revolusi PSSI begitu kuat pada Erick Thohir.

Revolusi PSSI adalah berarti mengupayakan ‘bersih’-nya federasi itu dari oknum atau hal-hal yang bisa menjadi ‘duri’ atau penghambat internal PSSI untuk bisa berkinerja baik dan produktif buat kemajuan sepak bola Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image