Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meilin haziah

Reksadana Syariah Investasi pas untuk masa depan berkualitas

Ekonomi Syariah | Friday, 07 Oct 2022, 11:36 WIB

Oleh: Meilin Haziah

Mengembangkan nilai uang adalah salah satu alasan setiap orang ingin berinvestasi, baik untuk tujuan memiliki sumber keuangan yang cukup untuk masa pensiun ataupun untuk mendanai pendidikan masa depan anak-anak mereka. Oleh karena itu, berinvestasi menjadi strategi yang jauh lebih baik daripada hanya menyimpan uang di bank. Dalam dunia Investasi yang melaju dengan pesat demi menjamin relevansi investor di masa depan, oleh karena itu Reksadana hadir menjadi salah satu alternatif pilihan investasi yang paling terjangkau sebagai wadah untuk menghimpun dana atau modal dari investor yang dikelola oleh manajer investasi dan kemudian di investasikan dalam sekuritas atau surat berharga.

Kenapa sih Reksadana Syariah itu ada?

Indonesia dengan mayoritas Muslim terbesar tentu melahirkan banyak investor dari kalangannya yang berpegang teguh dengan prinsip dan aturan Syar’i yang tidak hanya memikirkan big profit yang ingin didapatkan tetapi juga meninjau aspek kebaikan ( hasanah ) oleh karenanya, Reksadana syari’ah muncul untuk mengakomodasi investor yang punya preferensi tersebut, karena Keberhasilan suatu investasi tidak hanya ditentukan oleh derajat pengembalian return yang tinggi, tetapi juga harus mempertimbangkan kepuasan spiritual.

Reksadana Syari’ah berdiri menjadi resolusi karena adanya sikap ambivalensi (mendua) pada diri umat Islam, di satu sisi ingin menginvestasikan modal yang dimiliki pada reksadana, tapi disisi lain memiliki ketakutan melanggar ketentuan syariat Islam, oleh sebab itu kita tahu bahwa Salah satu tujuan dari reksadana syariah adalah memenuhi kebutuhan kelompok investor yang ingin memperoleh pendapatan investasi dari sumber dan cara yang bertanggung jawab dan bersih karena keseluruhan proses pengelolaan portofolio, screening dan cleansing tidak boleh bertentangan dengan prinsip prinsip syariah dan terhindar dari saham yang memiliki aktivitas haram.

Kinerja reksadana syariah di Indonesia menunjukkan peningkatan yang menggembirakan dan hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor dan keunggulan yang dimiliki untuk menarik minat investor untuk berinvestasi di reksadana syariah, selain sangat terjangkau investor yang tidak memiliki dana yang cukup besar untuk berinvestasi dapat melakukan diversifikasi dalam efek sehingga dapat meminimalkan risiko jika kinerja salah satu efek mengalami penurunan, saham reksadana syariah dikelola oleh manajer investasi profesional dan asetnya diizinkan untuk diperdagangkan secara syariah, maka nilai sahamnya jelas sehingga tidak ada unsur riba dan penipuan (gharar) dalam transaksinya. Selain itu, reksadana syariah juga dapat dijadikan sebagai pilihan investasi bagi semua orang, tanpa membedakan keyakinan atau latar belakang agama sang investor.

Yakin kamu gak mau berinvestasi di Reksadana Syariah?

Yuk sisihkan sedikit untuk masa depan lebih terakit!.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image