Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Cara Mudah Melihat Kondisi Shockbreaker Motor

Eduaksi | Saturday, 13 Aug 2022, 13:31 WIB

GPSKU - Peredam kejut atau suspensi adalah komponen dari setiap sepeda motor. Ini adalah bagian penting yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Peredam kejut dirancang untuk meredam getaran sepeda saat berkendara di atas gundukan, gundukan, dan lubang. Shock absorber atau peredam kejut

memiliki masa pakai tersendiri, bisa dikatakan shock absorber sepeda motor ini memiliki masa pakai yang sangat lama. Namun, hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan berkendara pengguna.

Berkendara dengan kecepatan tinggi, ugal-ugalan, dan tidak melakukan pengereman saat melintasi gundukan kecepatan atau lubang pasti akan mempengaruhi suspensi sepeda Anda. Semakin sering Anda melakukan ini, semakin pendek Shockbreaker Anda akan bertahan. Selain itu, menempatkan beban berat pada sepeda motor dapat membahayakan kondisi suspensi sepeda motor.

Sayangnya, sebagian orang masih belum mengetahui cara memeriksa kondisi shock absorber dan suspensi sepedanya. Karena kerumitannya, saya sarankan pergi ke bengkel dan bertanya langsung ke mekanik.

Inilah cara mudah untuk memeriksa kondisi peredam Anda tanpa pergi ke bengkel. Baca selengkapnya pada tips di bawah ini.

Cara mudah untuk mengecek kondisi peredam kejut sepeda Anda

1. Lepas peredam kejut sepeda Anda

Peredam kejut yang rusak atau kondisi suspensi sepeda motor dapat menyebabkan terpental. Anda dapat memeriksa jalan, mendorong suspensi dan melihat bagaimana reaksinya.

Jika peredam langsung kembali ke posisi semula, berarti peredam rusak. Hal ini dikarenakan shock absorber sudah tidak mampu lagi menyerap benturan. Oleh karena itu, mengemudi di jalan yang buruk menghasilkan suara ketukan yang sangat keras, yang tentu saja membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Dalam kasus tersebut, peredam kejut atau bagian suspensi sepeda motor harus segera diganti dengan yang baru. Namun, jika suspensi kering pada sepeda Anda menjadi masalah, Anda dapat mengoleskan oli atau pelumas untuk membantu suspensi.

2. Lepaskan pemutus kejut terlebih dahulu

Cara kedua untuk memeriksa kondisi suspensi sepeda motor Anda adalah dengan melepas suspensi dari kendaraan. Lepaskan pegas dan berikan tekanan pada setiap putaran. Jika Anda mendorong terlalu keras, guncangan dan suspensi Anda tidak dalam kondisi terbaiknya.

3 Lihat shock absorbernya, apakah ada kebocoran oli? Kondisi suspensi sepeda Anda juga bisa diperparah dengan kebocoran oli. Dalam hal ini, harus segera diganti dengan suspensi baru. Jangan sampai hal ini mengganggu kenyamanan berkendara.

Misalnya, jika oli bocor dan menetes ke bantalan rem Anda, rem sepeda motor Anda bisa gagal. Tentu saja, mengingat rem merupakan salah satu bagian yang harus dikendarai dengan maksimal setiap saat, maka sangat berbahaya.

4. Mengemudi di jalan yang kasar

Terakhir, Anda bisa langsung mengecek kondisi peredam kejut dan suspensi sepeda motor Anda di jalan bergelombang. Ajaklah seorang teman dan cobalah untuk menyeberangi jalan yang bergelombang. Benjolan yang tidak nyaman membuat suara kasar saat mengemudi di jalan yang kasar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image