Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizkia Putri

Mahasiswa KKN UPI Ingatkan Pentingnya Pelestarian Lingkungan DAS Melalui Sosialisasi

Info Terkini | Thursday, 11 Aug 2022, 08:47 WIB

Pada Sabtu (06/08/22), mahasiswa kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar sosialisasi dengan tema “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi” kepada warga RT 05/RW 01, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Bandung.

Aliran Sungai Cibereum mengalir melintasi dua wilayah yaitu kota Bandung dan Cimahi. Salah satunya melewati kelurahan Gegerkalong RT 05 dan RT 07 di RW 01 yang menjadi sasaran Kelompok 4 KKN Universitas Pendidikan Indonesia. Tempat ini dipilih dalam rangka pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan juga Pengabdian kepada Masyarakat.

Observasi kondisi sekitar bantaran Sungai Cibereum telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2022. Pengelolaan limbah masih belum terfasilitasi dengan baik sehingga beberapa masyarakat sekitar bantaran sungai cenderung membuang limbah rumah tangga ke sungai dengan terlihatnya saluran pembuangan yang mengarah ke sungai. Hal tersebut perlu dijadikan perhatian lebih oleh seluruh kalangan masyarakat agar aliran sungai tetap dapat dijaga kelestaiaran lingkungannya.

Dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat setempat mengenai pentingnya menjaga kebersihan di sekitar area sungai kelompok 4 dalam rangka Kuliah Kerja Nyata tahun 2022 Universitas Pendidikan Indonesia mencanangkan program Sosialisai “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi” dengan tiga sasaran masyarakat muda-mudi/karang taruna, ibu-ibu kader dan anggota Satlinmas. Air sebagai sumber daya alam yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup termasuk kita sebagai manusia dan bagian dari masyarakat. Pentingnya mengenal kualitas sumber mata air untuk menunjang kehidupan sehari-hari agar dapat terhindar dari berbagai penyakit baik dari kelayakan air untuk dikonsumsi, pengelolaan limbah rumah tangga serta melestarikan kebersihan lingkungan.

Pada tanggal 29 Juli hingga 5 Agustus sosialisasi telah dilaksanakan di Masjid Jami Al-Muslim dengan tiga sasaran yang telah ditetapkan oleh kelompok 4 KKN. Sosialisasi dan diskusi terbuka tersebut memuat perbincangan para mahasiswa anggota kelompok dengan berbagai kalangan masyarakat yang diundang untuk saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman terkait sumber mata air dan sanitasi.

Sasaran tersebut diharapkan dapat mewakili dan membantu untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar aliran sungai. Hal mendasar dari pelestarian lingkungan hidup dengan tidak mencemari aliran sungai yang ada disekitar masyarakat ini perlu diberikan fokus perhatian agar tidak mengganggu ekosistem. Baik masyarakat, mahasiswa, baik pemerintah harus lebih peduli dan teredukasi agar bumi tetap terjaga dan dapat bersahabat dengan manusia.

Penulis: Rizkia Putri Syafina

Dosen Pengampu Lapangan: Dr. Iip Saripah, M.Pd.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image