Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sekar Setyo Rini

Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Bidang Ekonomi Politik

Politik | Monday, 04 Jul 2022, 16:30 WIB

Perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari. Secara tidak langsung dan tanpa kita sadari, penggunaan teknologi mulai disesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari. Berbagai pekerjaan yang dahulu dilakukan dengan cara manual dan tradisional kini mulai berubah dilakukan dengan cara yang lebih modern hingga saat ini pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih praktis dan lebih efisien. Kemajuan dalam memahami suatu hal baru, berkurangnya komunikasi tatap muka secara langsung, bahkan penggunaan tenaga mesin yang menggantikan peran manusia merupakan beberapa contoh dampak dari berkembangnya teknologi.

Perkembangan teknologi yang paling pesat adalah era dimana munculnya revolusi industri 4.0 yang mana mesin-mesin dan software mulai diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan meningkatkan produktivitas di dunia kerja dengan sangat cepat. Konsep penerapannya berpusat pada otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan adanya tenaga kerja manusia dalam menjalankan prosesnya. Hal ini tentunya menambah nilai efisiensi dalam lingkungan kerja yang mana waktu dianggap sebagai suatu hal yang vital dan sangat dibutuhkan bagi para pemain industri. Jejaring sosial saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran produk yang secara tidak langsung memberikan dampak pada kegiatan ekonomi dan bisnis digital.

Dalam lingkup global atau internasional, adanya revolusi industri 4.0 juga memberikan berbagai dampak dalam bidang ekonomi politik. Manfaat revolusi industri 4.0 dalam bidang politik contohnya terciptanya suatu sistem informasi yang dapat digunakan untuk melakukan olah data dalam pemerintahan yang berada di suatu wilayah sehingga hal ini dapat mempermudah masyarakat untuk memantau kinerja dari pemerintah. Adanya revolusi industri 4.0 juga mengubah pemikiran perusahaan besar untuk memilih investasi dengan cara menambah alat teknologi untuk perusahaan mereka agar proses produksi menjadi lebih meningkat dan lebih efektif. Dengan adanya kecanggihan teknologi pada mesin yang digunakan maka biaya produksi akan menjadi semakin rendah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image