Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aditya Putra

Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Teknologi | Monday, 27 Jun 2022, 11:21 WIB
IIustrasi Pilihan Smartphone

Sekarang ini ada banyak sekali pilihan smartphone, mulai dari tipe, merek, hingga spesifikasi yang berbeda-beda. Namun sangking banyaknya pilihan ini terkadang membuat bingung mau beli smartphone apa. Tips memilih smartphone sebaiknya disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Panduan Memilih Smartphone Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Setiap orang tentunya punya kepentingan yang berbeda, ada yang membeli smartphone sekedar untuk komunikasi, untuk gaming, fotografi, atau lainnya. Kamu yang berencana membeli smartphone baru dan bingung dengan banyaknya pilihan di pasaran, bisa simak beberapa tips berikut.

1. Pilih OS

Smartphone yang paling banyak digunakan saat ini menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Masing-masing OS tersebut tentu menawarkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Setiap OS memiliki fitur keunggulan yang tidak ada di OS lain.

OS Android memiliki keunggulan pada kemudahan penggunaannya. Selain itu, smartphone Android ada banyak pilihan mereknya sebut saja Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan lain sebagainya. Pengguna Android juga lebih mudah untuk mendapatkan aplikasi gratis melalui Play Store.

Sedikit berbeda dengan Android, iOS merupakan sistem operasi premium yang hanya untuk smartphone iPhone. Keunggulan pada OS ini adalah sistem keamanannya yang disebut-sebut lebih baik dibanding Android. Namun untuk aplikasi-aplikasi di AppStore kebanyakan adalah aplikasi berbayar.

2. Kapasitas RAM dan Memori Internal

Kapasitas RAM menentukan performa smartphone. Semakin besar RAM, maka untuk aktivitas multitasking atau berpindah antar aplikasi menjadi lebih lancar. Begitu juga jika kamu akan memasang banyak aplikasi, maka dibutuhkan RAM yang lebih besar.

Semakin besar RAM, maka performa ponsel akan semakin bagus, baik untuk multitasking, streaming video hingga gaming. Pilih smartphone yang setidaknya memiliki RAM 1GB, atau di atasnya tentu lebih baik.

Kelanjutnya ada >> Disini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image