Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Grisse Anastasya

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Manajemen Keuangan Keluarga

Gaya Hidup | Wednesday, 18 May 2022, 06:43 WIB
Tips Manajemen Keuangan Keluarga

Anda tidak perlu memiliki gaji yang sangat besar untuk memperbaiki situasi keuangan anda saat ini. Sesungguhnya yang paling penting dan mendasar adalah anda tahu bagaimana cara tepat dalam pengelolaannya.

Sebagian orang yang cerdas finansial sangat faham betul bagaimana membaca cashflow keuangan yang dimilikinya. Mereka secara sadar memiliki keahlian untuk menentukan kemana dan untuk apa uang mereka digunakan.

Apakah hanya digunakan untuk hal konsumtif? Tentu tidak. Sebisa mungkin kebutuhan untuk hal-hal tersebut mereka pangkas seminim mungkin.

Tidak seperti kebanyakan orang yang suka berfoya-foya, mereka lebih suka menginvestasikan uang mereka kepada hal yang lebih produktif.

Jika anda merasa bahwa keuangan anda saat ini buruk, mungkin ada yang salah dengan cara pengelolaannya.

Untuk itu, silahkan anda baca dan fahami 5 tips cara meningkatkan kemampuaan manajemen keuangan berikut ini.

1. Lacak pengeluaran Anda

Jika anda tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah pengeluaran anda dan digunakan untuk hal apa saja, maka anda perlu memperbaiki hal tersebut.

Pengelolaan uang yang lebih baik pada dasarnya dimulai dengan kesadaran anda dalam berbelanja. Gunakan aplikasi pengelolaan uang seperti MoneyTrack untuk melacak seluruh pengeluaran anda.

Apakah anda belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting seperti makanan, hiburan, dan lain sebagainya atau untuk hal-hal positif. Setelah Anda melakukan hal ini, Anda dapat membuat rencana untuk melakukan perbaikan.

2. Buat anggaran bulanan yang realistis

Gunakan data pengeluaran bulanan Anda, serta gaji bulanan Anda, untuk menentukan anggaran bulanan.

Buat sedetail mungkin, dan hanya gunakan untuk hal-hal primer saja. Buang setiap hal-hal yang sifatnya konsumtif dari daftar pengeluaran bualanan tersebut.

3. Biasakan untuk menabung

Siapkanlah dana darurat yang bisa Anda andalkan saat keadaan tak terduga terjadi. Sekalipun nilainya kecil, dana tersebut dapat menyelamatkan Anda dari situasi berisiko di mana Anda harus meminjam uang dengan suku bunga tinggi atau Anda mungkin tidak dapat membayar tagihan tepat waktu.

4. Bayar tagihan Anda tepat waktu setiap bulan

Membayar tagihan Anda tepat waktu adalah cara mudah untuk mengelola uang Anda dengan bijak. Percayalah, menunda pembayaran tagihan adalah salah satu penyebab terbesar masalah keuangan yang anda miliki.

5. Mulailah berinvestasi

Bahkan jika kemampuan Anda untuk berinvestasi terbatas, mulailah dengan nominal kecil. Pilihlah tempat investasi yang resikonya tidak terlalu besar.

Berinvestasi tak melulu hanya berupa uang atau saham, anda bisa mulai berinvestasi dalam hal hal fisik seperti emas, barang-barang antik dan sebagainya.

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah kebiasaan Anda. Maka dari itu mulailah dari sekarang demi masa depan yang lebih cerah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image