Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Badrut Tamam

Muhammad Arbain : Harapannya Satu Pena Kaltara menjadi Episentrum Kota Literasi di IKN

Eduaksi | Saturday, 05 Mar 2022, 07:43 WIB

KALTARA,-Perkumpulan Penulis Indonesia Satu Pena Kaltara terus berupaya untuk mengadakan pertemuan rutin pada Jumat Malam (04/02/2022).

“Semalam, kita sepakat untuk mengadakan webinar secara virtual (karena pandemi masih mengepung) dengan menghadirkan narasumber lokal dan nasional untuk dapat sharing ilmu dan pengalaman perjuangan dalam membumikan literasi di Kaltara,”ujar Muhammad Arbain selaku Ketua Umum Satu Pena Kaltara.

SatuPena Indonesia merupakan perkumpulan penulis Se-Indonesia yang spiritnya termanifestasi secara kolektif kolegial ada di 34 Provinsi di Indonesia, termasuk di Kaltara.

Muatannya tidak hanya penulis, tetapi di sana ada budayawan, seniman, sastrawan, pegiat literasi, komunitas, akademisi, peneliti, cendikiawan, pendidik, mahasiswa, pelukis, kaligrafer, produser, sutradara, youtuber, birokrat, konten kreator, dan masih banyak lagi profesi lintas genre yang terhimpun.

Harapannya sederhana, terbangunnya kota literasi di setiap Provinsi, di mana setiap provinsi dengan iklim geografis dan struktur budaya masyarakatnya yang khas pada masing masing daerah, di mana ada pemandangan sebuah kota dan desa yang literat, kafe-kafe dihadiri oleh berbagai komunitas literasi yang terkolaborasi dari berbagai sisi, ada pembacaan puisi, monolog, bedah buku, diskusi cafetaria, bincang sastra di alam bebas, parade literasi, diselingi dengan penampilan teater dan musikalisasi, pertunjukan seni budaya lokal, pameran budaya dan galeri lukisan dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, berbagai kegiatan nantinya juga akan ditayangkan di website dan media sosial SatuPena Kaltara untuk mengabadikan berbagai hasil karya, cipta dan karsa SatuPena kaltara. Media sosial merupakan paltform yang dapat menjangkau pulau, kawasan, benua dan dunia.

“Harapannya satu pena kaltara mampu menjadi episentrum kota literasi di ibu kota negara,” ungkap Muhamad Arbain penulis produktif Kaltara.

Dari penuturannya diperoleh informasi bahwa berbagai program juga telah dicanangkan dan dirumuskan, salah satunya adalah dengan melaunchingkan Podcast Literasi Benuanta di kanal Youtube SatuPena yang terkoneksi di jejaring medsos Fanspages Facebook, Instagram, Twitter Satu Pena kaltara.

Sungguh pemandangan yang begitu ekspresif, positif, dan produktif jika harapan ini terwujud. Apalagi kaltara sangat unik dan khas, banyak potensi dan daya tarik yang bisa diwacanakan di nasional sebagai daya saing lokalitas daerah yang tiada batas.

“Alhamdulillah struktur kepengurusan sudah disusun dan dikirimkan ke koordinator pulau Kalimantan untuk segara di submit dan dipublish oleh SatuPena Pusat. Semoga SatuPena Kaltara terus berkolaborasi dan bersinergi dalam menggelorakan Cakra Literasi di Benuanta. Aamiin,” harapnya.

#MA#ProvokatorMenulis

#TukangKetikFanatikbinManiak

#KetumSatuPenaKaltara

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image