Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamaruddin

6 Cara Investasi Saham dengan Modal Kecil

Bisnis | Wednesday, 26 Jan 2022, 17:56 WIB
Seorang sedang melihat pergerakan grafik saham | Foto : unsplash.com

Jakarta - Investasi saham terbukti menjadi jenis investasi yang cukup mudah dan membutuhkan modal kecil. Jika Anda paham, berinvestasi di saham dengan modal kecil sangatlah mudah.

Cara menabung saham dengan modal kecil akan membantu Anda menabung untuk masa depan, tetapi membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Berikut aturan bermain saham dengan modal kecil, seperti yang dilansir dari _Money Control_, Selasa, 25 Januari 2022.

1. Mengatur posisi

Umumnya, investor pemula membuat kesalahan dengan memperlakukan opsi seperti saham. Opsi menyia-nyiakan aset dan memiliki masa simpan yang sangat kecil sekitar sebulan untuk pasar karena kedaluwarsa di luar itu tidak likuid.

2. Mengatur periode holding

Trading opsi tunggal harus memiliki periode penahanan maksimum yang ditentukan. Kesalahan umum yang dilakukan pendatang baru adalah menahan trading terlalu lama yang memperburuk kemungkinan menghasilkan uang karena peluruhan theta melebihi kemungkinan keuntungan.

Trading opsi tunggal harus berjangka pendek sehingga berpartisipasi dalam zona breakout atau breakdown dan Anda keluar segera dari trading. Hal ini perlu menjadi perhatian Anda.

Jika Anda ingin melakukan trading, maka periode penahanan maksimum harus 3 hari tetapi pada minggu kedaluwarsa ini harus turun ke intraday. Jadi, seseorang perlu mengikuti waktu stop loss dan exit tanpa mengandalkan harapan.

3. Praperhitungkan pemberhentian dan target dasar

Studi prediksi umumnya dilakukan dengan menggunakan instrumen yang mendasarinya dan sangat penting untuk menyelaraskan option trading Anda dengan target dan pemberhentian tersebut.

Menggunakan kalkulator opsi (option calculator) yang umumnya tersedia secara online, dapat membantu Anda mengonversi pemberhentian dan target dasar Anda menjadi pemberhentian dan target opsi.

Hitung sebelumnya tingkat opsi menggunakan tingkat dan waktu perkiraan yang mendasarinya. Hal ini akan membantu trading Anda menghindari tipuan karena perhitungan yang tidak akurat.

4. Hindari saham dalam berita

Seringkali investor pemula terjun dalam trading saham yang sedang hangat di berita. Umumnya, pasar memiliki cara unik untuk memprediksi dampak berita karena dapat mempengaruhi harga atau nilainya.

Namun, hal ini tidak terlalu menjadi masalah ke valuasi saham untuk option trading karena skala waktu untuk trading ini adalah jangka pendek. Selain itu, banyak supply dan demand dalam jangka pendek.

5. Hindari acara yang tidak diketahui

Kesalahan umum lainnya adalah trading acara yang hasilnya tidak diketahui, hal ini sangat mirip dengan perjudian. Sebagian besar orang kalah saat mereka masuk dengan niat untuk berjudi dan bersenang-senang.

Jika Anda memperlakukan trading seperti bisnis, maka Anda tidak akan pernah memasuki trading yang mengarah ke perjudian. Oleh karena itu, hindari acara, seperti kebijakan moneter, hasil saham yang akan datang, kebijakan fiskal, dan sebagainya yang terlihat menarik.

6. Batasi jumlah perusahaan terbuka

Mengelola banyak perusahaan secara bersamaan adalah tugas yang sulit. Jadi, sebelumnya Anda perlu menyeleksi dan memilih beberapa perusahaan yang tepat. Ada baiknya untuk Anda tidak menahan lebih dari 2 atau 3 perusahaan terbuka pada waktu yang bersamaan. Cara ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image