Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Tanda-tanda Darah Tinggi yang Wajib Anda Tahu

Eduaksi | Friday, 21 Jan 2022, 07:44 WIB

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala hipertensi, sebaiknya segera mencari informasi lebih lanjut mengenai berbagai tanda-tanda darah tinggi. Karena di luar sana banyak orang tidak menyadari atau bahkan mengetahui sudah mengidap penyakit yang mendapatkan julukan silent killer oleh WHO ini.

Apa Saja Tanda-tanda Darah Tinggi yang Wajib Anda Ketahui?

Gejala dari seseorang tekena hipertensi adalah biasanya menderita sakit kepala berkepanjangan dan biasanya terjadi selama beberapa hari. Namun gejalanya tidak hanya itu saja, juga terdapat tanda-tanda lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap berdasarkan World Health Organization:

1. Nyeri Dada

Menurut WHO terdapat banyak tanda-tanda darah tinggi seperti merasakan nyeri di bagian dada. Hal ini diakibatkan karena pembuluh darah mengalami penebalan sehingga jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dengan baik. Biasanya seseorang mengalami gejalanya pada waktu pagi hari.

Dalam mencegah terkena tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda sering melakukan aktivitas rutin seperti olahraga lari cepat atau jogging santai. Selain itu, juga dianjurkan untuk meminum air sebanyak 2 liter dan berenang secara rutin setiap minggunya sirkulasi darah dan nafas menjadi lebih lancar.

2. Kelelahan

Tanda-tanda darah tinggi selanjutnya adalah tubuh menjadi mudah lelah dan letih saat beraktivitas. Gejala seperti ini seringkali tidak disadari oleh penderita karena biasanya dianggap hanya sekedar mengalami capek biasa saja. Gejalanya biasa diikuti dengan detak jantung berdebar-debar.

3. Pandangan Mata Bermasalah

Salah satu tekanan darah tinggi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah penglihatan. Yakni dengan cara merusak pembuluh darah di bagian retina. Organ tersebut biasanya berfungsi membuat objek atau gambar menjadi lebih fokus saat terlihat oleh mata manusia.

4. Kesulitan untuk Bernafas

Gejala ini biasanya ditemukan pada penderita tekanan darah tinggi yang mengalami tahapan awal. Biasanya diikuti dengan nyeri dada dan sakit kepala di pagi hari. Hal tersebut disebakan oleh terjadinya penyempitan saluran darah dari jantung ke paru-paru membuat sirkulasinya tidak berjalan baik.

5. Detak Jantung Menjadi Tidak Normal

Kemudian tanda-tanda darah tinggi lainnya adalah mengalami komplikasi yang dapat membuat seseorang terkena serangan secara mendadak. Sebaiknya tidak menganggap remeh kondisi ini, karena akibatnya bisa fatal dan menyebabkan kematian jika tidak ditangani atau diobati dengan baik.

Tanda-tanda darah tinggi ini biasanya terjadi sakit nyeri pada bagian dada, mengalami kelelahan dan pandangan mata bermasalah, kesulitan untuk bernafas hingga membuat detak jantung tidak normal

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image