Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Kata Mereka: Tentang Kemerdekaan

Info Terkini | Tuesday, 17 Aug 2021, 16:38 WIB

Indonesia telah merdeka 76 tahun silam, usia yang tidak muda lagi untuk mampu mewujudkan negeri yang aman tenteram damai dan sejahtera.
Bagaimana pendapat warga tentang kemerdekaan?
Inilah kata mereka.

KRT. Akhir Lusono, S.Sn, M.M. (Sastrawan Jawa Yogyakarta)

Kemerdekaan itu seyogyanya dimaknai oleh setiap insan. Kemerdekaan itu berupa kemerdekaan jiwa dan raga. Karena untuk apa merdeka jiwanya jika raganya terbelenggu. Demikian pula ketika raganya merdeka jiwanya tidak juga tidak ada keseimbangan. Nah kemerdekaan dalam arti kita berbangsa dan bernegara adalah ketika kita bisa berdaulat. Dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi Allah SWT kita bisa meraih kemerdekaan itu pada tanggal 17 Agustus 1945. Artinya sudah 76 tahun kita merdeka. Semoga sang saka Merah Putih tetap berkibar. Tidak ada bangsa lain yang mencuri dan menurunkannya. Semoga tetap jaya selamanya. Indonesiaku Indonesiamu dan Indonesia kita bersama.

Vitriya Mardiyati ( Founder KYM, Klaten Jawa Tengah)

Merdeka menurut saya adalah terbebasnya diri dari segala bentuk ketergantungan pada ego individu. Misalnya saja saya merdeka dan senang bisa melihat orang lain sukses berkarya. Saya merdeka dan bahagia mengantarkan mereka mencapai titik puncak pencapaian dalam melahirkan karya.

Drs. Praba Pangripta (Kartunis, Yogyakarta)

Kemerdekaan dimaknai tidak hanya terbebas dari penjajah, tetapi segala rintangan untuk memperoleh rahmat Allah. Segala cita-cita, impian, dan harapan luhur harus diperjuangkan, bahkan bila perlu mengorbankan kesenangan sesaat dan sifat hedonisme.

Ari Hargiatmi, S.Sn ( Owner Batik Thinthing, Kulon Progo)

Merdeka merupakan sebuah isyarat atau pertanda bahwa ekspresi, kreasi dan inovasi harus tetap menjadi spirit dalam beradaptasi melawan pandemi.

Pardiman Djoyonegoro (Seniman Acapela, Pamong Omah Cangke,Yogyakarta)

Merdeka bagi pendahulu kita adalah berjuang bertaruh nyawa, untuk bebas hidup damai tanpa penjajah. Merdeka di jaman setelah merdeka adalah berjuang untuk mengisi kemerdekaan

Merdeka untuk sekarang adalah berjuang untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. Sekarang ini kita sedang prihatin napak tilas perjuangan pendahulu kita mesu budi dan tapa brata. Nambah daya untuk keselamatan diri dan bangsa.

Dirgahayu Indonesiaku, Jaya jaya Wijayanti, Jayaningrat kertaning bumi.

Drs. Edih Supardi, M.Pd (Konsultan Pendidikan, Peneliti,Pelatih Nasional. Yogyakarta)

Kemerdekaan dalam konteks ke-indonesiaan adalah lepas dari segala tindakan pengekangan. Berkat para pahlawan yg memiliki jiwa leadership yang tulus tanpa pamrih demi rakyatnya

Susi Setyowati, S.Pd ( (Kepala SDN Kroyo 3 Karangmalang Sragen, Jawa Tengah)

Peringatan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, bertema "Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh" kita jadikan momentum yang sangat berharga. Meski saat ini masa pandemi covid 19 kita harus tumbuhkan jiwa semangat untuk menjadi warga masyarakat yang mandiri tidak tergantung orang lain, bebas berdemokrasi dengan tetap berpedoman pada hukum yang berlaku. Kita bebas berekspresi, mengeluarkan ide yg positif, kreatif, inisiatif dan konstruktif. Tumbuhkah nilai karakter, keberanian, rela berkorban, tulus ikhlas, jiwa kepedulian kepada yang membutuhkan. Maksimalkan potensi potensi yang ada untuk meraih prestasi demi mengharumkan nama negeri, Pegang teguh persatuan dan kesatuan dengan integritas yang tinggi, "Indonesia Tangguh"

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image