Selasa 19 Jul 2022 15:31 WIB

Orientasi Mahasiswa Baru UGM akan Kembali Digelar Luring

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari.

Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (ilustrasi)
Foto: Humas UGM
Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kegiatan resmi orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru di lingkungan UGM yakni Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) akan dimulai tanggal 1 Agustus mendatang. Setelah diselenggarakan secara daring selama dua tahun sebelumnya, pada tahun ini PPSMB akan kembali diselenggarakan secara luring di kampus UGM.

"PPSMB tahun 2022 ini luring atau tatap muka secara langsung, dan kita mulai tanggal 1 Agustus," ucap anggota Gugus Tugas PPSMB UGM, Wulan Tri Astuti dalam acara UGM Update yang tayang di kanal media sosial UGM, Selasa (19/7/2022).

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, yaitu pada tanggal 1-6 Agustus 2022. Selanjutnya pada tanggal 7-13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai Action Plan.

Wulan menekankan bahwa PPSMB wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UGM program sarjana maupun sarjana terapan, sebagai persiapan untuk mengikuti proses pembelajaran di UGM.

 

Setelah mengikuti rangkaian acara PPSMB UGM, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan PPSMB yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama berkuliah di UGM, dan menjadi salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa. "Empat tahun ke depan kalau adik-adik akan yudisium, syarat untuk yudisium adalah mengikuti PPSMB. Jadi ini adalah gerbang untuk masuk dan gerbang untuk keluar," katanya.

PPSMB UGM terdiri dari rangkaian kegiatan PPSMB Universitas, PPSMB Soft Skills, dan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi. Rangkaian kegiatan PPSMB pada tingkat universitas bertujuan untuk mengenalkan sejarah, filosofi, nilai-nilai, visi-misi, sarana prasarana, prestasi, dan sumbangsih universitas. Pembentuk jiwa ke-UGM-an dan pengembangan karakter 'Sang Juara' juga ditanamkan melalui materi pada PPSMB Universitas.

Sementara itu, PPSMB Soft Skills bertujuan untuk memberikan pembekalan pada mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas diri sehingga siap menjadi problem solver, serta mendorong mahasiswa untuk aktif meningkatkan kompetensi diri.

Pada rangkaian kegiatan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi, mahasiswa diajak untuk lebih mengenal sejarah, filosofi, nilai-nilai, visi, misi, dan pengenalan kompetensi ataupun peluang pengembangan diri terkait keilmuan setiap Fakultas/Sekolah Vokasi.

Mahasiswa baru yang akan mengikuti PPSMB diwajibkan telah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal dua kali. Peserta yang belum memenuhi persyaratan tersebut bisa mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh UGM.

Selain itu, peserta PPSMB juga diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan, serta mengikuti skrining harian.  "Mulai tanggal 31 Juli mahasiswa harus skrining untuk mengikuti acara tanggal 1. Ada pengisian form dan pengecekan oleh tim medis, jika hari itu sakit maka tidak diperbolehkan mengikuti kelas," kata Wulan.

Pengumuman serta informasi terkait rangkaian kegiatan PPSMB UGM 2022 beserta penugasan dan ketentuan lainnya akan diunggah melalui laman ppsmb.ugm.ac.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement