Jumat 07 Oct 2022 16:29 WIB

Duta Damai Didorong Ciptakan Perdamaian di Papua

Mereka diharap mampu menyebarkan narasi perdamaian, persatuan, toleransi, kebinekaan.

Acara Pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Hotel Suni Garden & Resort, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).
Foto: dokpri
Acara Pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Hotel Suni Garden & Resort, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) resmi mengukuhkan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua. Acara pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Hotel Suni Garden & Resort, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

"Hari ini kita sama-sama menyaksikan kreasi duta damai dunia maya Provinsi Papua. Tentunya duta damai dunia maya Provinsi Papua menjadi generasi muda yang menginspirasi bahwa kita semua cinta damai karena damai itu sangat mulia dan indah sebagai karakter Indonesia," ujar Boy dalam siaran pers, Jumat.

Pembentukan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua diikuti 50 anak muda Papua yang terdiri dari blogger, desain komunikasi visual (DKV), dan informasi teknologi (IT). Selama empat hari mereka dilatih dengan membuat konten berupa tulisan, meme, infografis, dan video tentang kedamaian, kebinekaan, toleransi, dan kearifan lokal.

Kepala BNPT berharap para Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua ini mampu menyebarkan konten dan narasi perdamaian, persatuan, toleransi, dan kebinekaan. Tentunya dibutuhkan kerja keras untuk melakukan juga dukungan dari unsur Forkopimpinda Provinsi Papua dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua.

 

"Kita berharap duta damai dunia maya Papua jadi cikal bakal kelanjutan bagaimana anak-anak muda Papua berkereasi menghasilkan konten kreatif yang bisa menginspirasi semua, memberikan pendidikan, pencerahan kepada kita semua betapa pentingnya perdamaian itu," tutur Boy Rafli.

Ia menguraikan, keberadaan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua menjadi salah satu tugas BNPT berdasarkan mandat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Dalam hal ini, BNPT banyak melakukan tugas bersifat soft approach atau pendekatan lunak dari hulu sampai hilir.

"Kalau merujuk UU Nomor 5 Tahun 2018, tugas BNPT tidak menangkap teroris. BNPT mencegah agar masyarakat Indonesia tidak menjadi teroris, mencegah agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan terorisme. Tentunya ini harus dilakukan bersama dengan seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat," ungkapnya.

Mantan Kapolda Papua ini menambahkan, bahwa BNPT melakaukan empowering pembangunan dengan kekuatan unsur pemerintah dan masyarakat. Grand strategi Pentahelix atau multipihak yaitu pemerintah, akademisi, masyarakat, media, dunia usaha dalam konteks pembangunan kesejahteraan. Karena kalau masyarakat sejahtera kemungkinan mereka menjadi teroris menjadi kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement