Rabu 19 Jan 2022 17:04 WIB

Wakaf Sumur Kebaikan Dibangun, Warga Alor Bisa Nikmati Air Bersih

Komala mengaku senang bisa menikmati air bersih tanpa harus berjalan kaki dulu.

Melalui wakaf sumur kebaikan yang dibangun lembaga kemanusian Internasional Networking for Humanitarian (INH) bekerja sama dengan influencer Hasan JR, kini ratusan warga kampung Kelihibeng, Desa Probur Utara, Kecamatan Alor Barat Laut akhirnya bisa menikmati air bersih.
Foto: dokpri
Melalui wakaf sumur kebaikan yang dibangun lembaga kemanusian Internasional Networking for Humanitarian (INH) bekerja sama dengan influencer Hasan JR, kini ratusan warga kampung Kelihibeng, Desa Probur Utara, Kecamatan Alor Barat Laut akhirnya bisa menikmati air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, ALOR -- Melalui wakaf sumur kebaikan yang dibangun lembaga kemanusian Internasional Networking for Humanitarian (INH) bekerja sama dengan influencer Hasan JR, kini ratusan warga kampung Kelihibeng, Desa Probur Utara, Kecamatan Alor Barat Laut akhirnya bisa menikmati air bersih. 

Sebelumnya, ratusan penduduk setempat mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dan keperluan beribadah seperti bersuci atau berwudhu.

"Alhamdulillah setelah beberapa bulan kita lakukan kampanye melalui platform sosial media, INH, dan Hasan JR berhasil menyelesaikan program pembangunan wakaf sumur kebaikan untuk saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Alor," kata Koordinator Nasional Sahata Relawan (Share INH), Supriyanto, Rabu (19/1/2022).

Pihaknya juga mengapresiasi peran serta masyarakat setempat dan para relawan yang terlibat dalam program wakaf sumur kebaikan ini. Menurutnya, air bersih saat ini sudah mengalir ke sejumlah titik seperti SD Impres 05 Probur Utara, tempat sarana Ibadah Masjid Babul Fattah, dan rumah-rumah warga.

"Airnya sangat bersih, segar dan layak untuk konsumsi, semoga saja debit air terus stabil sehingga warga bisa menikmati air bersih ini hingga jangka waktu lama, pesan kami rawat dan jagalah sumber mata air itu dengan baik, agar bisa dinikmati generasi selanjutnya," harap Supriyanto.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Impres 05 Probur Utara,  Ishak Barai mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya impian semua orang dalam menikmati air bersih tersebut. Pasalnya, air bersih dinilai sangat penting dan besar manfaatnya untuk sumber kehidupan.

"Syukur alhamdulillah atas bantuan dari INH, Hasan JR dan Kitabisa.com yang telah membangun fasilitas penampungan air bersih,  selama ini air jauh sekarang sekolah kami bisa menikmati air dengan dekat," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mama Komala (59) salah seorang warga Probur Utara. Ia mengaku senang dan bahagia bisa menikmati air bersih tanpa harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mengambil air bersih ke sumber mata air yang jaraknya cukup jauh dengan medan yang sangat terjal.

"Sebelum air bersih ini mengalir, kami menimba air dari mata air yang jaraknya sangat jauh untuk memasak, minum, mandi dan mencuci pakaian, tapi sekarang kami bisa menikmati air bersih dengan mudah setelah bertahun-tahun menantinya," kenang Mama Komala dengan mengucap rasa syukur yang luar biasa.

Proyek pembangunan wakaf sumur kebaikan ini menelan biaya kurang lebih sekitar Rp 200 juta. Dana tersebut merupakan murni dari patungan para donatur yang merupakan orang-orang baik. Sementara itu waktu pengerjaan memakan waktu sekitar dua bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement