Selasa 25 Oct 2022 13:50 WIB

IDI Sleman Selenggarakan Donor Darah Massal

Kegiatan donor darah ini menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan aksi donor darah

IDI Sleman Selenggarakan Donor Darah Massal (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
IDI Sleman Selenggarakan Donor Darah Massal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan donor darah massal dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -72 IDI di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, Selasa (25/10/2022).

Ketua IDI Kabupaten Sleman, Rino Rusdiono mengatakan bahwa kegiatan aksi donor darah dalam rangka HUT ke-72 IDI ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing cabang IDI di seluruh Indonesia.

Baca Juga

"Dalam rangkaian HUT ke 72 IDI ini, seluruh IDI se-Indonesia yang diinisiasi oleh pengurus pusat IDI melaksanakan aksi donor darah secara serentak. Dalam hal ini, IDI Sleman bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan yang mengusung tema Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat ini menyasar keikutsertaan para dokter dan masyarakat umum dalam aksi donor darah yang nantinya akan dicatat dalam rekor MURI aksi donor darah yang diikuti dokter di seluruh Indonesia.

"Dalam memperingati HUT IDI di Kabupaten Sleman, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan, diantaranya pemeriksaan mata, operasi katarak, khitanan massal dan bakti sosial di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang membuka kegiatan donor darah ini menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan aksi donor darah ini.

Menurut dia, pelaksanaan aksi donor darah yang diinisiasi oleh IDI Sleman ini mempermudah para pendonor yang ingin menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan.

"Penyelenggaraan aksi donor darah ini selain untuk mendukung pemecahan Rekor MURI ini, saya harapkan juga dapat memotivasi masyarakat luas untuk secara rutin mendonorkan darahnya," katanya.

Kustini menilai, selain untuk memotivasi masyarakat agar ikut donor darah, kegiatan ini juga mendukung ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman.

Terlebih sering kali PMI Kabupaten Sleman mengalami kekurangan persediaan darah dikarenakan banyaknya permintaan untuk transfusi darah. Sedangkan jumlah pendonor darah rutin masih terbatas.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara IDI Sleman dengan PMI Kabupaten Sleman yang disaksikan secara langsung oleh Bupati Sleman.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan peninjauan secara langsung oleh Bupati Sleman terhadap proses pelaksanaan donor darah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement