Pemkot Yogya Sudah Catat 272 Pemudik Masuk

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Pemudik Lebaran (ilustrasi)
Pemudik Lebaran (ilustrasi) | Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah mencatat ratusan pemudik yang masuk sejak 22 April 2021 lalu. Data per 16 Mei menunjukkan pemudik yang masuk ke Yogyakarta yakni 272 orang.

"Masa PPKM mikro, perjalanan luar kota juga sangat kecil," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kepada wartawan, Ahad (16/5) malam.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut juga menyebut, kunjungan wisatawan selama libur lebaran menurun drastis. Salah satunya di Malioboro yang mana kunjungan wisatawan hanya mencapai 500-700 orang per hari.

"Tentu sangat berbeda dengan data harian selama pandemi yang mencapai 2.000-3.000 orang per hari, dan di masa Sabtu dan Ahad mencapai 4.000-5.000 orang per hari," ujarnya.

Heroe menuturkan, hampir seluruh pelaku usaha pariwisata di Kota Yogyakarta menyampaikan terkait lesunya industri wisata di libur Lebaran ini. Tidak hanya menurunnya kunjungan wisata, transaksi di pertokoan hingga okupansi hotel dan restoran juga terdampak.

Terlebih, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro masih berlaku. Ditambah lagi dengan kebijakan larangan mudik yang berlaku hingga 17 Mei yang juga mempengaruhi mobilitas masyarakat dan menyebabkan kunjungan wisata turun.

"Otomatis (akibat PPKM dan larangan mudik) jumlah kunjungan dan orang yang menginap di hotel sangat rendah. Termasuk di masa libur lebaran ini, sejumlah destinasi wisata dan hotel sangat rendah kunjungannya," jelas Heroe.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Wagub DKI: 2,6 Juta Orang Keluar Jakarta Saat Larangan Mudik

Menhub: Pemudik Dapat Tes Usap Antigen di Daerah Asal

Lewat Jalan Tol Lampung Harus Bawa Surat Negatif Covid-19

Epidemiolog Ingatkan Peningkatan Covid-19 Usai Lebaran

Pemudik Kembali ke Tangerang Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark