Kamis 15 Apr 2021 09:10 WIB

Dusun Jabung di Sleman Dampingi Lansia Vaksinasi Bersama

Warga menyiapkan transportasi dan tim pendamping.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Petugas medis menyuntikkan Vaksin Sinovac kepada penerima vaksin Covid-19 lansia (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Petugas medis menyuntikkan Vaksin Sinovac kepada penerima vaksin Covid-19 lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dusun Jabung, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman dirasa layak jadi contoh gotong royong melawan covid-19. Selain terapkan prokes, warga memboyong semua lanjut usia vaksinasi bersama ke RSUD Sleman.

Direktur RSUD Sleman, dr Cahya Purnama mengatakan, tidak semua lansia dapat mengakses internet. Tapi, warga Jabung mengawali langkah kreatif melakukan edukasi tentang vaksinasi, mendata, dan mendaftarkan lansia secara kolektif.

Setelah jadwal vaksinasi di RSUD Sleman didapatkan, mereka menghubungi lansia bersiap. Apalagi, tidak semua lansia memiliki keluarga yang dapat mengantarkan mereka ke RSUD Sleman, jadi warga menyiapkan transportasi dan tim pendamping.

"Para lanjut usia yang mengalami kesulitan dibimbing oleh tim pendamping dari dusun saat menjalani prosedur pendaftaran ulang, pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi selesai," kata Cahya, Rabu (14/4).

 

Untuk menghormati inisiatif warga dalam melestarikan budaya gotong royong dan membantu lansia, RSUD Sleman menyiapkan penjadwalan khusus vaksinasi covid-19 lansia. Yang mana, dikoordinir langsung secara kolektif masyarakat itu sendiri.

"Dengan penjadwalan vaksinasi khusus itu diharap semua lansia dapat mengikuti vaksinasi dan lebih nyaman menja|ani vaksinasi bersama sesama warga. Hubungi PKRS RSUD Sleman untuk penjadwalan vaksinasi khusus tersebut," ujar Cahya.

Dengan vaksinasi bersama yang dikoordinir secara mandiri oleh warga, seluruh lansia dusun Jabung yang memenuhi syarat dapat menerima vaksinasi. Prosedur vaksinasi lebih lancar berkat tim pendamping warga yang membantu lansia.

"Lansia juga lebih nyaman menjalani vaksinasi karena ditemani orang-orang yang akrab dalam keseharian mereka," kata Cahya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement