Selasa 31 Jan 2023 21:00 WIB

Hujan Lebat Akibatkan Tebing Kawasan Rest Area KM 429 A Longsor

Material longsor menutup akses keluar kendaraan besar.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Material tebing setinggi hampir 100 meter yang longsor di dalam kawasan Rest Area KM 429, wilayah Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (31/1) sore.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Material tebing setinggi hampir 100 meter yang longsor di dalam kawasan Rest Area KM 429, wilayah Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (31/1) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Hujan deras yang terjadi pada Selasa (31/1/2023) sore mengakibatkan tebing setinggi hampir 100 meter longsor di rest area KM 429 wilayah Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsor menutup akses keluar kendaraan besar (truk dan bus) hingga ke sebagian kawasan SPBU yang yang ada di dalam rest area ini.

Pengelola rest area KM 429 A, Adi Linggajati yang dikonfirmasi, membenarkan peristiwa ini. Menurutnya, tebing yang longsor berada di bagian belakang SPBU khusus pengisian BBM Solar.

Dalam peristiwa ini, juga tidak ada fasilitas di dalam rest area yang terdampak. Namun untuk sementara akses keluar rest area di belakang SPBU ditutup untuk semua kendaraan besar seperti truk dan bus.

Selain untuk mengantisipasi longsor susulan, penutupan dilakukan untuk keperluan pembersihan meterial longsoran yang menutup jalan akses keluar kendaraan besar dari kawasan rest area.

"Untuk sementara akses keluar lokasi rest area di belakang SPBU kami tutup, karena masih banyak material seperti tanah dan tanaman yang menutup badan jalan akses keluar kendaraan besar," ungkapnya melalui sambungan telepon.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, akses dari belakang SPBU ke tempat pengisian BBM solar masih ditutup bagi lalu lintas kendaraan di dalam rest area. Upaya pembersihan longsoran baru dilakukan menggunakan alat berat  pada pukul 19.45 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement