Rabu 07 Sep 2022 18:47 WIB

Pemkot Surabaya Resmikan Rumah Anak Prestasi untuk Anak Disabilitas

Seluruh fasilitas itu dapat dimanfaatkan anak-anak secara gratis.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemkot Surabaya Resmikan Rumah Anak Prestasi untuk Anak Disabilitas (ilustrasi)
Foto: ajproducts.co.uk
Pemkot Surabaya Resmikan Rumah Anak Prestasi untuk Anak Disabilitas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Rumah Anak Prestasi yang berlokasi di Jalan Nginden Semolo nomor 23, Surabaya, Rabu (7/9). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, Rumah Anak Prestasi tersebut disiapkan sebagai tempat berkumpulnya anak-anak disabilitas dalam mengembangkan bakat dan kreativitasnya.

Melalui ruang yang ada, Eri berharap anak-anak istimewa tersebut memiliki keyakinan, kemandirian, dan tidak minder. "Kalau ada yang mengatakan difabel, disabilitas, saya mengatakan mereka adalah anak-anak istimewa. Karena setiap kekurangan pasti mereka punya kelebihan," kata Eri.

Baca Juga

Eri menjelaskan, Rumah Anak Prestasi yang diresmikan telah dilengkapi dengan sejumlah ruang atau fasilitas khusus bagi anak-anak istimewa. Mulai dari ruang terapi wicara, ruang pembelajaran, minimarket, ruang belajar seni musik, hingga membatik.

"Ada juga Mushola untuk tempat mengaji. Bahkan untuk anak-anak yang punya prestasi, di sini juga ada ruang physiotherapy dan ruang refleksi," ujarnya.

 

Eri menegaskan, seluruh anak disabilitas di Kota Surabaya dapat memanfaatkan seluruh fasilitas dan ruang yang tersedia di Rumah Anak Prestasi. Seluruh fasilitas itu dapat dimanfaatkan anak-anak secara gratis dan tidak dipungut biaya. Pemkot Surabaya juga menyiapkan pemnimbing untuk melatih mereka menjadi anak-anak yang mandiri dan berprestasi.

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin menjelaskan, Rumah Anak Prestasi menjadi ruang kreativitas kemandirian bagi anak-anak disabilitas Surabaya. Uniknya, beberapa pendamping di rumah tersebut juga berasal dari disabilitas. "Selain sebagai pendamping, disabilitas juga ada yang kami pekerjakan sebagai tenaga di mini market Rumah Anak Prestasi," kata Anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement