Banyumas Mulai Tahap Pertama Vaksinasi PMK

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Tim Dokter Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkanak) Banyumas saat melakukan vaksinasi di peternakan sapi perah Desa Kemutug Lor Baturraden, Selasa (28/6/2022).
Tim Dokter Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkanak) Banyumas saat melakukan vaksinasi di peternakan sapi perah Desa Kemutug Lor Baturraden, Selasa (28/6/2022). | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkanak) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan 1.000 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk tahap pertama. Pemberian vaksinasi mulai dilakukan hari ini, Selasa (28/6/2022).

Vaksinasi tahap pertama diperuntukkan bagi ternak sapi perah yang ada di empat kecamatan di Banyumas yaitu Kecamatan Pekuncen, Kecamatan Cilongok, Kecamatan Baturraden, dan Kecamatan Sumbang.

Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Jan Aririjadi mengatakan, prioritas utama pemberian vaksinasi terhadap sapi perah karena sapi perah cenderung lebih lama di kandang dibandingkan sapi potong.

"Sapi perah cenderung lebih lama di kandang, mungkin sampai 5 atau 7 tahun tidak melakukan perpindahan atau mutasi. Kalau kami memvaksin ke sapi potong satu tahun atau dua tahun keluar lagi nanti sayang vaksinnya," jelas Jan Aririjadi kepada wartawan.

Ia juga menjelaskan, setelah vaksinasi terhadap seluruh sapi perah telah dilakukan, maka jumlah vaksin yang tidak terserap oleh sapi perah akan dilanjutkan ke sapi potong. "Setelah ini nanti kita evaluasi dulu, sapi perah akan terserap berapa persen," ujarnya.

Saat ini jumlah sapi di Banyumas ada sebanyak 5.269 ekor dan kerbau ada sebanyak 42 ekor. Target vaksinasi PMK tahap pertama di Banyumas yakni 80 persen. Sapi yang bisa divaksin adalah sapi yang sehat atau belum pernah terjangkit oleh wabah PMK.

"Sebelum melakukan vaksinasi ada kuisioner yang harus diisi. Kemudian ada juga pernyataan dari pemilik ternak sapinya bersih dan bisa divaksin," kata Jan.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Terkait


Sembari Tunggu Vaksin PMK Tahap 2, DIY Fokus Penanganan dan Pencegahan

Pangandaran Terima 3.800 Dosis Vaksin PMK

Warga Bintan Diimbau Tak Paksakan Berqurban di Tengah Wabah PMK

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban di Kota Tangerang

Pemkab Grobogan Bakal Berikan Label Sehat untuk Ternak Qurban

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark