PLN Tambah Pasokan Listrik Pulau Madura

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

PLN Tambah Pasokan Listrik Pulau Madura (ilustrasi).
PLN Tambah Pasokan Listrik Pulau Madura (ilustrasi). | Foto: Antara/Ampelsa

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Dalam upaya menambah pasokan listrik dan menjaga kehandalan kelistrikan di Pulau Madura dan sekitar, PLN Kembali membangun infrastruktur kelistrikan. PLN membangun SKTT 150 kV Kedinding-TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 untuk mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan di wilayah Madura yang semakin tinggi.

Executive Vice President Kontruksi, Jawa, Madura, Bali, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (MKJ), Ratnasari Sjamsuddin menjelaskan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ini sangat diperlukan. Dimana saat ini wilayah Madura hanyabdisokong dua sirkit, yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran-SKTT 150 kV Suramadu 1 dan 2- SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur, yang pemakaiannya sudah hampir overload dan mencapai beban puncak hampir 90 persen. 

"Dengan dibangunnya sirkit 3 dan 4 ini, nantinya menjadi upaya mitigasi untuk menjaga keberlangsungan pasokan dan meningkatkan kehandalan kelistrikan," ujarnya, Ahad (29/5/2022).

Ratna menjelaskan, dengan dibangunnya sirkit 3 dan 4, jika terjadi gangguan di salah satu sirkit, maka sirkit lainnya dapat menopang tanpa mengalami pemadaman. Infrastruktur yang sedang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 39,247 kms yang direncanakan akan beroperasi pada 2023. 

Baca Juga

Ratnasari mengatakan, proses pembangunan SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 terus dikebut, agar SKTT ini dapat beroperasi sesuai target waktu yang ditetapkan. Ratnasari juga mengapresiasi dukungan dari Kementrian PUPR serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) dalam proses penerbitan perijinan. 

General Manager PLN UIP Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) Muhammad Ramadhansyah mengatakan, Pembangunan SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 dan 4 ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Pulau Madura. Saat ini, kata dia, untuk SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan Sirkit 3 dan 4 pengerjaannya dalam tahapan Boring Horizontal Directional Drilling, yang pengerjaannya terus dikawal.

"Kami optimis SKTT ini akan beroperasi sesuai target waktu dan dengan penambahan suplai listrik akan segera memperkuat kelistrikan di Madura dan sekitarnya," ujarnya.

Terkait


Mudahkan Pelaku Usaha Kelautan, PLN Bangun ALMA di Pelabuhan Balohan Sabang

PLN Dukung Pengembangan Agrowisata Petik Buah Naga di Manokwari

PLN Prioritaskan EBT pada Sistem Kelistrikan di Papua

PLN Tambah SPKLU di Banten

Suplai Listrik PLN Sukseskan Ajang World Surf League Krui Pro 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark