INH Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Semeru

Red: Fernan Rahadi

Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) mengirimkan bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.
Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) mengirimkan bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) mengirimkan bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Selain mengirimkan bantuan, INH melalui sayap kerelawanannya yaitu Sahabat Relawan (Share) INH juga mendirikan posko di lokasi terdampak erupsi tersebut.

Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim mengatakan, sejak hari kedua pascaerupsi Semeru tim dari relawan dibawa naungan INH sudah turun ke lapangan untuk melihat secara langsung ke lokasi dan mendata kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan di posko-posko pengungsian.

"Alhamdulillah tim relawan kita Share INH sudah berada di lokasi sejak hari kedua pascaerupsi, mereka kita turunkan ke lapangan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah bencana erupsi," kata Luqman, Kamis (9/12).

INH juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah menitipkan donasinya kepada INH. Secara komitmen INH akan bersungguh-sungguh untuk menyampaikan dengan amanah sehingga bantuan dari masyarakat tersebut bisa sampai ke mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Kepercayaan para donatur merupakan komitmen kami dalam menyalurkan bantuan," katanya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Share INH, Supriyanto menjelaskan, beberapa relawan Share INH yang di terjunkan ke lokasi merupakan orang-orang yang tangguh dan sudah memiliki pengalaman yang luar biasa dalam bidang kebencanaan.

"Tim relawan yang kita terjunkan adalah Share INH Sidoarjo, Jawa Timur mereka mendirikan posko di Kecamatan Tempeh, Lumajang," jelas Supriyanto.

Pada hari pertama dan kedua, Relawan kita sudah mendistribusikan paket sembako dan kebutuhan untuk anak-anak. Pasalnya, kebutuhan tersebut merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar yang saat ini mereka butuhkan.

"Kami juga mendistribusikan tandon air ke sejumlah posko pengusian seperti posko pengungsi di daerah Penanggal dengan harapan untuk bisa membantu kebutuhan air bersih baik untuk para pengungsi maupaun relawan yang sedang melakukan tugas-tugas kemanusian," jelasnya.

Sahre INH, lanjut Supri juga mendistribusikan kacamata safety untuk para tim rescue yang sedang menjalankan tugas untuk evakuasi dan pencarian korban erupsi yang tertimbun material Semeru.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tidak Ada Awan Panas Guguran di Semeru Hingga Tadi Siang

Kaum Ibu Dharmasraya Ramai-Ramai Masak Rendang untuk Korban Semeru

Gobel Kirim Bantuan untuk Korban Semeru

Saling Bantu untuk Mengais Sisa Harta Benda

Warga Kamar Kajang Selamatkan Harta dari Rumah Terkubur Pasir Vulkanik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark