Kamis 28 Oct 2021 02:36 WIB

Wagub Jateng Dorong Inovasi Telur Asin Khas Brebes

Manu salah satu restoran berupa ayam goreng dengan taburan telur asin.

Wagub Jateng Dorong Inovasi Telur Asin Khas Brebes (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Wagub Jateng Dorong Inovasi Telur Asin Khas Brebes (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BREBES -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendorong inovasi pada telur asin yang menjadi makanan khas dari Kabupaten Brebes sebagai upaya meningkatkan nilai tambah produk tersebut.

"Tadi UMKM ada yang bikin kerupuk telur asin, lumpia telur asin, menarik ini, saya senang dengan inovasi. Dan di Jawa Tengah ini banyak sekali yang bisa dikembangkan," kata Wagub saat mengunjungi Agrowisata Kampung Bengkok, Kabupaten Brebes, Rabu (28/10).

Permintaan adanya olahan makanan dengan memanfaatkan telur asin tersebut disampaikan Wagub setelah melihat menu pada salah satu restoran berupa ayam goreng dengan taburan telur asin.

Oleh karena itu, Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng mengusulkan agar masyarakat Brebes juga dapat membuat saus telur asin sebagai "topping" makanan di Agrowisata Kampung Bengkok.

"Bagaimana kalau buat menu Nila Saus Telur Asin, atau ayam goreng 'topping' telur asin. Kalau biasanya anda makan dengan 'topping' telur asin di tempat yang bukan aslinya, sekarang di Brebes itu (telur asin) terkenal dan bikin 'topping' makanan," ujarnya.

Menurut Wagub, inovasi dan strategi merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan nilai jual produk.

Dirinya mencontohkan dengan harga hasil pertanian berupa bawang merah yang rendah saat panen raya bisa ditingkatkan dengan sedikit inovasi saat pengolahan yakni bawang merah goreng.

"Dengan inovasi, harga bawang merah yang saat panen raya harganya rendah bisa diolah menjadi bahan makanan lainnya seperti bawang merah goreng yang nilai jualnya bertambah," kata Wagub.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement