KONI Minta Restu Warga Jawa Timur

Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah atlet Wushu Jatim mengikuti arahan pelatih di sela-sela latihan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). Wushu merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jatim dan Bobby menjadi salah satu atlet Wushu unggulan yang diharapkan mampu meraih medali emas pada PON Papua.
Sejumlah atlet Wushu Jatim mengikuti arahan pelatih di sela-sela latihan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). Wushu merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jatim dan Bobby menjadi salah satu atlet Wushu unggulan yang diharapkan mampu meraih medali emas pada PON Papua. | Foto: Antara/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur memohon doa restu warga provinsi setempat agar dapat mencapai hasil terbaik, bahkan juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021.

"Kami optimistis meraih 136 medali emas. Kami sangat berharap doa restu masyarakat Jatim," ujar Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung di Surabaya, Ahad (19/9).

Ia mengaku, saat ini persiapan seluruh atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim sudah mencapai 95 persen. Menurut Erlangga, optimisme diyakini karena kondisi teknik dan fisik atlet tetap berjalan sesuai program meskipun sempat terhambat dengan adanya pandemi COVID-19.

Erlangga mengatakan, setiap program latihan atlet terpantau langsung oleh tim sport science baik dari aspek fisik, biomekanik, kesehatan, gizi, dan psikologi. "Selama pelaksanaan PNN (Puslatda New Normal) atlet sudah pada tahapan peaking program mulai bulan September sampai Oktober. Artinya tidak meleset dari jadwal setelah ditunda setahun," ucap dia.

Hanya, kata Erlangga, kendala yang ditemui adalah buramnya peta kekuatan masing-masing daerah karena tidak adanya pertandingan untuk melihat peta kekuatan selama pandemi ini. "Setelah adanya COVID-19 ini cukup sulit karena semua sama-sama buram peta kekuatan lama. Sehingga, di atas kertas nanti (PON) akan sulit terjadi pecah rekor nasional karena sama-sama turun penampilan atlet. Karena semua provinsi mengalami hasil yang sama, kami optimistis masih bisa leading," tutur mantan Ketua KADIN Jatim itu.

PON Papua akan diselenggarakan di empat daerah atau klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika. Total medali emas yang ditargetkan Jatim pada PON Papua mencapai sekitar 120 keping dan menjadi juara umum.

Mereka bertekad memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, yang menempati posisi kedua di bawah tuan rumah. Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Secara keseluruhan, terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan pada PON XX Papua.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


188 Atlet Esports Siap Berlaga di PON Papua

Pesan Wagub Sumbar ke Atlet PON: Jaga Prokes

7 Atlet Pelatnas Atletik Perkuat DKI Jakarta di PON Papua

Puspa Arumsari, Atlet Kelas Dunia Ikut Berlaga di PON Papua

Ketua LPSK Ingatkan Hak Korban Penyerangan di Kiwirok Papua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark