Vaksinasi Merdeka Candi Sasar Warga Pondok Pesantren

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kapolres Semarang, AKBP Ari Wibowo saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di kompleks GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (5/8). Vaksinasi yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini menyasar warga pondok pesantren, buruh dan masyarakat umum.
Kapolres Semarang, AKBP Ari Wibowo saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di kompleks GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (5/8). Vaksinasi yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini menyasar warga pondok pesantren, buruh dan masyarakat umum. | Foto: Humas Polres Semarang

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN—Vaksinasi Merdeka Candi tingkat Polres Semarang --yang dipusatkan di GOR Pandanaran dan Gedung Pertemuan Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menyasar warga pondok pesantren.

Selain warga pondok pesantren, program akselerasi vaksinasi Covid-19 yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76  tersebut juga menyasar kelompok pekerja (buruh) serta masyarakat umum.

Kapolres Semarang, AKBP Ari Wibowo mengatakan, menjelang pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI kali ini, Polda Jawa Tengah melaksanakan Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara serentak di seluruh satuan wilayah (jajaran polres) yang ada di Jawa Tengah.

“Tujuannya, untuk mengakselerasi serta mendorong cakupan vaksinasi yang lebih luas bagi warga Kabupaten Semarang,” jelasnya saat memantau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di kompleks GOR Pandanaran, Wujil, Kecamatan Bergas, Kamis (5/8).

Pelaksanaan di lapangan, jelas kapolres, program vaksinasi ini melibatkan TNI/ Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten semarang --dalam hal penyediaan dosis vaksin dan vaksinator—serta para relawan.

Sasarannya berbagai kelompok/ komunitas masyarakat seperti santri dari berbagai pondok pesantren, komunitas buruh serta masyarakat umum yang selama ini belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi kepada para santri di pondok pesantren serta kelompok/ komunitas masyarakat tersebut sangat dibutuhkan, guna memberikan perlindungan dari risiko terpapar Covid-19.

“Melalui Kegiatan vaksinasi massal ini, diharapkan jumlah warga Kabupaten Semarang yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 akan semakin bertambah cakupannya,” tambah Kapolres Semarang.

Ia juga menyampaikan, Kegiatan vaksinasi dengan sasaran warga pondok pesantren, buruh dan masyarakat umum lainnya tersebut bakal dilaksanakan secara berkelanjutan dan bukan hari ini saja.

“Hal itu untuk mendukung upaya percepatan dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemkab Semarang,” tegas Kapolres.

Sementara itu, Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha mengapresiasi dukungan Polres Semarang bersama dengan jajaran TNI Kodim 0714/Salatiga yang telah membantu Pemkab Semarang mendorong percepatan vaksinasi Covid-19.

Bupati juga berharap, upaya- upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Semarang  dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, baik yang dilakukan oleh Pemkab Semarang maupun dukungan pihak lain seperti yang dilaksanakan TNI dan Polri hari ini.

Bupati juga menyampaikan, Vaksinasi Merdeka Candi di Kabupaten Semarang dilaksanakan serentak di dua lokasi yang berbeda. Yakni di kompleks GOR Pandanaran serta di Kecamatan Tengaran.

Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung Pemerintah dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19. “Yakni agar kekebalan kolektif masyarakat di kabupaten semarang bisa dicapai,” tambahnya.

Agar langkah- langkah ini bisa optimal, bupati juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Prinsipnya, warga Kabupaten Semarang juga tidak boleh lengah walaupun sudah di vaksin, tetap jaga protokol kesehatan dan patuhi 6M, Insya Allah pandemi akan segera berakhir,”  tegas Ngesti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pemerintah Percepat Pendataan Anak Yatim Terdampak Pandemi

Bantuan ke Panti Asuhan Tasikmalaya Berkurang Selama Pandemi

Dompet Dhuafa Kembali Gulirkan Program Muliakan Yatim

Disaksikan Panglima TNI dan Kapolri, 2.500 Buruh Divaksin

PT KAI Gratiskan Pengiriman 80 Ton Oksigen ke Surabaya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark