Penyandang Disabilitas di Jatim tak Berhenti Berkarya

Red: Muhammad Fakhruddin

Penyandang Disabilitas di Jatim tak Berhenti Berkarya (ilustrasi).
Penyandang Disabilitas di Jatim tak Berhenti Berkarya (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengaku bangga dengan para penyandang disabilitas yang tak pernah menyerah untuk berproduksi dan berkarya.

"Teman-teman disabilitas memiliki ruang dan keinginan, bahkan hak untuk berkarya," ujarnya, di sela menghadiri kegiatan metode melukis menggunakan cat beraroma untuk penyandang tunanetra yang digelar mahasiswa Magister Manajemen Universitas Airlangga di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Ahad (21/6).

Pendidikan khusus, kata dia, saat ini menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, yakni melalui program vokasi istimewa. "Lalu, hari ini ada ruang dalam konteks artistik, bahwa seni juga merupakan ekspresi dari perasaan dan bakat. Dengan menggunakan aroma, maka karya ini bisa dinikmati kembali oleh adik-adik penyandang tunanetra," ucap Emil Dardak.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap mahasiswa MM Unair terus peduli. "Saya senang karena ini kolaborasi dengan MM Unair. Artinya, kepedulian dari generasi muda yang menempuh studi di sana tetap peduli. Program semacam ini sangat baik dan harus terus bergulir," kata mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Sementara itu, acara peluncuran metode baru yang diikuti puluhan anak penyandang tunanetra tersebut dikemas dalam acara bertajuk publicmovement bertema "This Is Ability Not Disability". Acara dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, serta dihadiri sejumlah tokoh lain, seperti Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Jatim Sudarmadji dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


SKA Beri Kesempatan Penyandang Disabilitas Berusaha

Sultan Harap Pemerintah Pusat Pelopori Disabilitas Jadi ASN

Cirebon Mulai Mendata Disabilitas untuk Divaksinasi

Vaksinasi Covid-19 bagi Penyandang Disabilitas di Tangsel

Dinsos Banten Beri Bantuan 18 Kaki Palsu kepada Disabilitas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark