Rabu 26 May 2021 00:55 WIB

Perayaan Waisak di Borobudur Ditiadakan

Perayaan Waisak tahun 2021 di Taman Wisata Candi Borobudur ditiadakan

Perayaan waisak di Candi Borobudur
Foto: VOA
Perayaan waisak di Candi Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Perayaan Waisak tahun 2021 di Taman Wisata Candi Borobudur ditiadakan karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19.

"Melihat situasi perkembangan saat ini pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, maka kegiatan Waisak tahun 2021 tidak dilakukan di Borobudur," kata Customer Experience Manager Tamam Wisata Candi Borobudur, Ikhsan Tarimo, Selasa (25/5).

Ia menjelaskan biasanya Waisak di Borobudur menggunakan lokasi zona II yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) untuk kegiatan seremonial, yakni di Taman Lumbini. Kemudian di zona I yang dikelola oleh Balai Konservasi Borobudur (BKB) untuk kegiatan ritual atau ibadah termasuk detik-detik Waisak.

Sekretaris Umum Wihara Mendut Wahyu Utomo mengatakan perayaan Waisak tahun 2021 ini ditiadakan seperti tahun lalu.

"Jadi kami memang harus bersabar, kami tidak bisa merayakan Waisak secara offline, artinya kami melaksanakan Waisak secara online," katanya.

Ia menyebutkan tema Waisak yang digaungkan oleh Sangha Teravada Indonesia pada perayaan Waisak 2565 BE/2021 adalah Cinta Kasih Membangun Keluhuran Bangsa.

"Perayaan Waisak ini maknanya tetap, meskipun perayaannya tidak dilakukan secara offline, tetapi kami melakukannya melalui media sosial, Youtube dan akun-akun yang bisa terakses secara virtual," katanya.

Menurut dia di Wihara Mendut juga tidak menyelenggarakan perayaan Waisak secara mandiri, semua terfokus kepada acara detik-detik Waisak secara nasional.

"Tahun lalu kami mengadakan perayaan sendiri, akhirnya terpecah sehingga untuk memfasilitasi itu kami menggaungkan kepada umat untuk fokus di detik-detik Waisak secara nasional dari Jakarta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement