Pemprov Jabar Disarankan Cek Warga yang Mudik

Red: Joko Sadewo

Anggota Fraksi PAN DPR RI, Eddy Soeparno menyarankan Pemprov Jabar maupun pemda setempat agar melakukan test covid-19, terhadap warganya yang mudik lebaran.
Anggota Fraksi PAN DPR RI, Eddy Soeparno menyarankan Pemprov Jabar maupun pemda setempat agar melakukan test covid-19, terhadap warganya yang mudik lebaran. | Foto: istimewa/doc humas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Anggota DPR dari Fraksi PAN, Eddy Soeparno menyarankan Pemprov Jawa Barat untuk melakukan test Covid-19 terhadap warga yang habis mudik atau liburan. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan kasus pascalibur lebaran.

“Langkah awal yang cepat dan taktis Pemda dan Pemprov mohon segera memperbanyak kapasitas test Covid-19,” kata Eddy, di sela sela menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur di Gedung Sate Jawa Barat, Selasa (18/5).

Selain itu, lanjut Kang Eddy, harus  mempermudah akses masyarakat untuk bisa melakukan test. Bahkan kalau perlu jemput bola dengan mendatangi warga. Ini penting sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 pascalebaran.

Menurut anggota DPR Dapil Jawa Barat ini, Pemprov Jabar maupun Pemda se-Jawa Barat tetap harus waspada dan bersiap menghadapi gelombang kenaikan kasus Covid-19. Pemerintah daerah disarankannya, proaktif melakukan pelacakan terhadap warga yang baru pulang mudik atau berkunjung dari tempat wisata.

“Harus ada laporan terintegrasi pemprov dan pemda untuk melacak warga yang baru pulang mudik atau bepergian dan beresiko terpapar Covid-19. Pendekatan data driven ini akan mempermudah pelacakan dan mencegah penularan,” papar Sekjen PAN tersebut.

Ekonomi Jawa Barat, menurut Eddy, bisa kembali bangkit jika sektor kesehatan pulih secara menyeluruh.  Karena itu, lanjutnya, sebagai wakil rakyat dari Jawa Barat, Eddy mendukung langkah tegas Gubernur Jawa Barat dan Bupati/Walikota se Jawa Barat untuk pulih dari Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kematian Covid-19 di DIY Bertambah Delapan Kasus

Antisipasi Lonjakan Covid-19, DKI Perpanjang PPKM Mikro

Pelni Kembali Jual Tiket Online Mulai Hari Ini

Dishub Kota Bekasi Terbitkan 660 SIKM Saat Pelarangan Mudik

Rapid Test Antigen Bagi Pemudik di Kampung Jaya Sawah Besar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image