Kamis 07 Oct 2021 19:55 WIB

Kota Sukabumi Mulai Gencarkan Vaksinasi ke Kalangan ODGJ

Inovasi puskesmas Si Cepot adalah sistem pelayanan penanganan ODGJ secara terpadu.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau Vaksinasi Covid-19 kepada kalangan ODGJ yang digelar Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kamis (7/10).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau Vaksinasi Covid-19 kepada kalangan ODGJ yang digelar Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kamis (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Upaya vaksinasi Covid-19 kepada berbagai elemen warga di Kota Sukabumi terus dilakukan. Salah satunya kepada kalangan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Vaksinasi Covid-19 kepada kalangan ODGJ ini misalnya digelar di Pondok Pesantren Sunanul Aulia, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kamis (7/10). Layanan ini salah satu bagian Inovasi Sistem Cepat Penanganan ODGJ Terpadu (Sicepot) Puskesmas Tipar Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

''Kami melaksanakan vaksinasi bagi ODGJ yang baru pertama kali dilakukan bersama dengan unsur Polri dan TNI,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan. Hal ini sebagai bentuk dukungan kepada ODGJ dan juga warga sekitar yang belum divaksin.

Fahmi mengatakan, inovasi puskesmas Si Cepot adalah sistem pelayanan penanganan ODGJ secara terpadu sehingga dijaminkan ketika ada ODGJ di Kota Sukabumi mampu tertangani dengan baik. Baik dari sisi kesehatan, mentalitas, dan sosial.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Lulis Delawati mengatakan, vaksinasi kepada ODGJ ini bagian dari percepatan vaksinasi di Kota Sukabumi. ''Ada sebanyak 444 orang ODGJ yang terdata di Kota Sukabumi,'' kata dia.

Harapannya semua ODGJ yang terdata bisa mendapatkan vaksinasi. Nantinya pelaksanaan akan melibatkan aparat kewilayahan dan instansi terkait lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement