Banjir dan Longsor Terjang Tasikmalaya

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas gabungan mengevakuasi korban banjir saat simulasi penanganan bencana banjir (ilustrasi)
Petugas gabungan mengevakuasi korban banjir saat simulasi penanganan bencana banjir (ilustrasi) | Foto: Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sejumlah wilayah di Tasikmalaya diterjang banjir dan longsor akibat intensitas hujan yang tinggi selama dua hari terakhir. Di Kota Tasikmalaya, setidaknya terdapat empat kejadian banjir dan longsor sejak Selasa (16/11).

Kepala Seksi Penanganan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda mengatakan, terdapat tiga wilayah yang diterjang banjir pada Selasa. Tiga lokasi itu adalah di Jalan K HZ Mustofa (depan Asia Plaza), Jalan Mangkubumi, dan Jalan Sambongjaya. "Kalau laporan yang masuk kemarin ada tiga. Kalau yang tak terlaporkan mungkin lebih banyak lagi," kata dia, Rabu (17/11). 

Baca Juga

Menurut dia, banjir yang terjadi itu hanya merupakan genangan air. Dalam beberapa jam, air sudah kembali surut. Erik mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan. Saat ini,dinas terkait disebut sedang melakukan proses perbaikan gorong-gorong. "Namun kan sudah hujan, mungkin tersendat juga," kata dia.

Selain banjir, longsor juga terjadi di wilayah Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, pada Rabu sore. Akibatnya, satu rumah terdampak. "Kita masih melakukan assessment," kata dia.

Erik mengimbau masyarakat tetap waspada. Sebab, intensitas hujan akan terus meninggi. Masyarakat diminta berkoordinasi dengan apart setempat apabila ada tanda-tanda kejadian bencana.

 

 

Terkait


Gubernur Kalteng Pimpin Rakor Siaga Bencana

Wapres Ingatkan Semua Pemda Antisipasi Banjir dan Longsor

Polisi Tutup Sementara Akses Medan-Berastagi Akibat Longsor

Material Tanah Longsor di Deli Serdang Mulai Dibersihkan

Wali Kota Depok: Tidak Ada Banjir di Depok Cuma Genangan Air

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image