Bupati Garut Dorong Semua Desa Memiliki Objek Wisata

Red: Muhammad Fakhruddin

Bupati Garut Dorong Semua Desa Memiliki Objek Wisata (ilustrasi).
Bupati Garut Dorong Semua Desa Memiliki Objek Wisata (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Candra Yanuarsyah

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Bupati Garut Rudy Gunawan mendorong semua pemerintah desa di seluruh 42 kecamatan agar memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga semakin banyak destinasi pariwisata yang akhirnya bisa mendongkrak perekonomian desa diKabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kami targetnya sebenarnya semua desa itu mempunyai potensi (wisata)," kata Rudy Gunawan usai peresmian Desa Wisata Puncak Intan Dewata di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (7/9).

Bupati menuturkan Kabupaten Garut memiliki 421 desa yang saat ini baru beberapa desa, salah satunya Desa Mekarjaya yang sudah mengembangkan potensi daerahnya sebagai kawasan wisata. Ia mengutarakan harapannya agar ke depan ada 88 desa atau minimal dua desa dari satu kecamatan bisa mengembangkan potensi daerahnya menjadi desa wisata yang memiliki nilai jual untuk dikunjungi wisatawan. "Kami ingin ada sebenarnya 88 desa, satu kecamatan ada dua (desa wisata)," katanya.

Ia juga berharap agar Kabupaten Garut dapat memiliki lebih banyak lagi destinasi wisata dengan beragam klasifikasi yakni pariwisata kelas dunia, nasional, provinsi, dan kabupaten. "Kami klasifikasikan ada pariwisata kelas dunia, ada pariwisata kelas nasional, ada tingkat Jawa Barat, tingkat kabupaten, semuanya lah desa di 421 desa," katanya.

Ia menambahkan desa yang mampu mengembangkan potensi daerahnya akan mendapatkan perhatian dari Pemkab Garut berupa bantuan dana untuk mendukung program desa wisata. "Sementara ini kami minimal (anggaran) Rp200 juta dulu lah, Rp200 jutaan itu bantuan keuangan, terserah desa untuk apa," kata Bupati.

Terkait


Garut Punya Destinasi Wisata Baru, Puncak Intan Dewata

Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Meski PPKM Diperlonggar

Garut Nihil Kematian Pasien Covid-19 Selama Empat Hari

Kunjungan Wisatawan ke Garut Masih Sepi

Sleman Siapkan Skenario Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image